Sabtu, 11 Februari 2012

Outline/Storyline


By Edi Cahyono 
Berikut ini adalah contoh Outline atau Storyline menurut penuturan dalam tiga babak.

JALAN SEPANJANG KENANGAN

By Eddie Cahyono & Bagus Sumartono
OPENING TEASE
Adegan dibuka dengan Slamet dan Sulastri sedang tiduran. Slamet pengen bercinta tetapi Susi menanggapi yang lain. Susi pengen nostalgia mengenang masa pacaran demi si jabang bayi.

ACT.1
  1. Pengenalan siapa Slamet dan Susi. Mereka melakukan perjalanan mengenang masa pacaran dengan menggunakan becak. Saat dalam perjalanan susi meminta slamet menghentikan becaknya untuk membeli permen dan majalah. Susi membaca majalah dan dugaannya ternyata benar, menurut ramalan mereka harus berjalan-jalan ke Mall, Malioboro, Kraton, dan Alun-alun Selatan untuk mengenang masa-masa pacaran mereka. Dan di dalam perjalananpun mereka harus waspada.
  2. Ternyata dalam perjalanan ban becak slamet bocor. Susi marah karena sudah diperingatkan agar waspada. Akhirnya mereka menambal ban dan bertemu seorang tukang tambal ban berkepala gundul. Susi yang sedang ngidam meminta Slamet agar tukang tambal ban mau dielus-elus kepalanya.
  3. Perjalanan berikutnya mereka harus ke Mall. Saat di Mall, Slamet mempermasalahkan kesukaan Susi berbelanja. Slamet merasa mereka harus berhemat. Susi sebal karena keinginannya tidak terpenuhi. Susi mengatakan bahwa dia hanya pengen minum es teller. Slamet menggoda Susi, pengen es teller atau mau ketemu supervisor es teller. Mendengar nama Supervisor es teller Susi marah dan mengatakan bahwa mereka sudah sepakat untuk tidak menyebut nama itu.

ACT 2.
  1. Susi semakin sebal dengan slamet gara-gara Slamet menyebut nama supervisor Es teller. Dulu Supervisor es teller adalah tunangan Susi. Sementara itu slamet harus meredakan kemarahan susi dengan membelikannya bunga. Slamet merasa kesabarannya sebagai suami diuji.
  2. Slamet dan Susi melanjutakan perjalanan mereka menuju kraton. Saat di kraton, Susi sedang minta restu pada Sri Sultan 9. Slamet malah mengganggu Susi dan meminta agar mereka nanti mampir ke sebuah pasar burung. Saat itu Hp Slamet berbunyi. Susi menanyakan siapa yang menelpon karena dia merasa penasaran. Saat Susi tau siapa yang menelpon Susi menjadi marah.
  3. Susi marah karena slamet tidak jujur kepadanya kenapa dia harus bolos. Kenapa dia tidak minta ijin sama Pak Lurah. Slamet membela diri karena permintaan Susi harus dituruti dan semua serba mendadak. Susi tetap tidak suka.

ACT 3.
  1. Susi lebih suka dengan kejujuran Slamet. Dulu waktu pacaran Slamet selalu terbuka padanya. Saat mereka istirahat makan terjadi perdebatan karena Susi pesan es teller. Slamet mengatakan bahwa es tidak baik untuk keselamatan bayi. Susi justru malah menuduh Slamet mempermasalahkan Supervisor es teller. Slamet yang semula tidak bermaksud mempermasalahkan justru terpancing. Akhirnya mereka berdua memutuskan pergi ke rumah Supervisor es teller untuk membuktikan bahwa Susi tidak ada hubungan apa-apa dengan Supervisor es teller.
  2. Akhirnya mereka pergi ke tempat supervisor es teller. Susi marah kepada slamet karena tidak percaya padanya. Saat sampai ditempat supevisor mereka tidak mendapati supervisor dirumahnya. Saat itu slamet malah mengajak Susi agar mau mampir ke pasar burung. Susi marah mengetahui Slamet malah mengurusi burungnya.
  3. Sampai di Pasar burung Susi tidak mau menemani Slamet. Slamet kesabarannya Habis. Slamet mempertanyakan Susi kenapa sekarang menjadi rewel padahal dulu waktu pacaran Susi tidak pernah rewel. Slamet juga bilang dulu Susi juga sering nganterin beli makanan burung kenapa sekarang tidak mau? Akhirnya Slamet mempertanyakan alasan Susi menikahi dirinya, kenapa tiba-tiba Susi mau dengan dirinya. Apa karena putus dengan tunangan Si Supervisor Susi terpaksa mau dengan dirinya.

ACT 4.
  1. Slamet membeli makanan burung. Slamet memandang sepasang burung yang sedang bermain dan tampak rukun. Slamet menjadi teringat Susi. Setelah selesai membeli makan burung. Slamet berjalan menuju becaknya, Slamet kaget melihat susi tidak ada. Akhirnya dia mengayuh becaknya mencari Susi. Akhirnya Slamet menemukan susi sedang berjalan menuju ringin kembar di Alun-alun selatan. Susi sedang melakukan masangin.
  2. Slamet bertemu susi. Susi menangis melihat Slamet. Slamet dengan rasa bersalah memandang susi. Mereka hanya saling berpandangan. Dan seolah-olah sudah saling memafkan.
  3. Akhirnya mereka duduk di becak dan merasa bersyukur.
CLOSING
Susi dan Slamet melintas di plengkung Gading. Susi mengajak Slamet kapan-kapan jalan-jalan lagi. Slamet mau asal Susi berjanji tidak akan bertengkar lagi, tapi Susi dengan manja menjawab, Mboh aku ra janji!!! Wah Kamu kok ngono Suss!!!