Kamis, 14 November 2013

Membuat Film dengan Kamera Handphone

terkait judul yang saya buat disini sebenarnya mungkin masih ada yang lebih berpengalaman dalam pembuatan film dengan menggunakan fitur- fitur yang ada di telepon seluler (handphone) selain saya, tp saya coba untuk berbagi pengalaman saya membuat film dengan menggunakan handphone.

membuat film dengan handphone berawal dari tugas kuliah saya yang mengharuskan menampilkan dokumentasi proses metode penelitian dan wawancara terhadap responden dan informan (film yg dibuat berupa simulasi, saya tidak tau harus mengkatagorikan dokumenter atau fiksi :D).

kekurangan perlengkapan dalam pembuatan dokumentasi tersebut, membuat saya berpikir untuk mengerjakan film tersebut dengan menggunakan fitur video d handphone, hal tersebut terfikir karena sudah H-2 dari deadline waktu pengumpulan tugas :D

hal- hal yang saya persiapkan :
perlengkapan :
- handphone dengan fitur video recording di dalamnya.
- card reader.
- laptop dengan aplikasi windows movie maker di dalamnya.
- script.
 
SDM produksi :
- crew : perekam, pencatat adegan dan pengatur bloking.
- pemeran.

setelah breakdown script dan menentukan bloking, kami langsung mealakukan pengambilan gambar dengan menggunakan fitur video recording, setelah pengambilan gambar dilakukan dan setiap adegan dicatat, kami langsung `mentrasfer file- file tersebut k laptop untuk segera di edit.

awalnya teman saya mengupayakan untuk menaikan resolusi gambar, namun hasilnya tidak terlalu signifikan, selanjutnya kami memutuskan untuk meng-edit vidio dengan menggunakan aplikasi windows movie maker, dengan menyusun timeline film berdasarkan hasil dari locking breakdown script, dan voila! walaupun berformat 3GP dengan keterbatasan di resolusi gambar dan suara, film kami adalah film yang beda ketika presentasi di kelas dan cukup mendapatkan apresiasi dari rekan- rekan kami :)

semoga sharing pengalaman saya tadi dapat bermanfaat, terima kasih atas perhatian dan kesempatannya :)

sumber : filmpelajar.com