Selasa, 22 November 2011

Sysnopsis film FFA Medan 2009 - Kategori Fiksi

1. Baju buat kakek
prapti, seorang cucu yang sangat berbakti dan menyayangi kakeknya. Suatu siang sepulang sekolah ia tergoda oleh percakapan antara dokter dan kakeknya dari dalam rumah dan ia berusaha untuk menyimak. Alangkah terkejutnya ia mendegar kakek terkena kanker otak dan tak kuasa menahan tangisnya karena hanya kakeklah satu-satunya keluarga yang tersisa . prapti yang masih duduk dibangku sekolah dasar dan cucu seorang pedagang cething tersebut ingin sekali memberikan kenag-kenagan terakhir untuk kakek yaitu kain mori atau kain kafan, baju yang dipakai seorang muslim waktu meninggal , sehingga ia harus bekerja sebagai pemulung sepulang sekolah untuk mewujudkannya.

2. Hadiah Terindah
Nina, seorang murid SMA yang ingin mewujudkan mimpinya untuk memberi hadiah istimewa di hari ulang tahun papanya. Walau awalnya dilanda kebingungan, akhirnya mereka menemukan hadiah terindah yang tepat untuk sank ayah yang sangat gemar merokok.
Perjuangan nina semakin tertantang ketika sang ayah mengganti rokok yang biasa di konsumsi papanya dengan merek rokok yang lebih mahal.
Dengan modal keberanian dan semangat yang tinggi nina yang di temani oleh sahabatnya lia, berjuang menjadi loper koran dan pekerja di warung untuk mencari uang tambahan, demi hadiah untuk papa.

3. Joe mengejar Cinta-Opique Picture's
Film ini menceritakan tentang seorang cowok dari kalangan sederhana yang ingin memiliki pacar yang dapat menerima dia apa adanya. Berulang kali ia mencoba menyatakan perasaan cintanya kepada beberapa cewek tapi dia selalu gagal.
Tak disangka, ditengah perjuangan sang ayah menghadiahkan sebuah sepeda motor pada Joe. Rasa percaya dirinya pun meningkat untuk mencari soulmatenya, Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang cewek cantik yang sungguh membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Akankah cintanya berlabuh pada cewek cantik tersebut?

4. Tegarkah aku???
Sebuah film yang menceritakan pengalaman 2 orang kk beradik yang ingin menetap di sebuah kota metropolitan “Medan”.
Akan tetapi, keberuntungan tak berpihak pada mereka.
Tas yang di bawa oleh kk nya tertinggal di mobil angkutan yang mengantarkan mereka ke kota tersebut. Hanya beberapa lembar uang tersisa di dalam saku yang cukup untuk makan & minum saja.
Dan tak di duga, ketika kakak berhenti untuk menghilangkan dahaga, sank adik malah tak sadar dan berjalan semakin menjauh hingga mereka terpisah di tengah keramaian kota. Perjuangan tuk mencari pun dimulai.
Akankah takdir mempertemukan mereka kembali???

5. Untitled
Perjuangan Siska, seorang cewek remaja yang berjuang untuk membiayai kehidupannya beserta adik – adiknya sepaninggal mamanya. Sang papa pun terjaring kasus korupsi dan harus mendekam di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tak sedikit beban yang harus ditanggung siska sebagai kakak, sehingga ia harus mencari kerja sambilan seusai sekolah untuk mendapatkan uang. Tak disangka kesibukannya membuat ketahanan fisiknya semakin melemah dan setelah pemeriksaan, ternyata ia positif mengidap penyakit Leukimia. Akan tetapi, semangatnya untuk berjuang menghidupi adik – adiknya tak berkurang dan ia selalu di temani oleh charles yang selalu menjaganya.

6. Melompat sejauh mimpi
Cerita bermula ketika seorang anak sekolah bernama Yosie, sangat terkejut dan kecewa mengetahui hasil raportnya tak sebagus yang ia bayangkan. Ketika ia membuka buku agenda sekolahnya, pandangannya tertuju pada sebuah kalimat dengan tinta merah bertuliskan ” mencari data Lompat Jauh”. Segudang anganpun berkutat dalam pemikirannya.
Perjuangan pun di mulai, hari demi hari, yosie berlatih untuk menjadi pelompat jauh terbaik. Tanpa di duga guru nya memperhatikan aktifitas latihannya yang berkembang dengan baik. Akhirnya, sang guru memperkenalkannya pada seorang duta IAAF (International Association of Athletics Federations) di Indonesia.

7. Aku Membela diriku
Mengisahkan tentang seorang anak SMA yang bernama Icut, yang hidupnya penuh dengan gejolak. Tak disangka, kak niken yang sangat membencinya karena kecemburuan atas perhatian bunda, membeberkan sebuah rahasia yang telah lama dipendam. Dengan Segenap kemarahannya kak Niken mengatakan pada Icut, “Kamu hanya anak adopsi/pungut”. Bak disambar petir, Ia tak kuasa menahan tangis dan memutuskan untuk minggaT dari rumah dengan meninggalkan pesan. Di samping itu, karena tuntutan tak wajar sang pacar, kecelakaanpun tak bisa di elakkan dan merenggut nyawa sank pacar. Beban bersalah semakin membuncah dalam benaknya, Hingga lamunannya mengantarkan ia dalam sebuah kecelakaan yang beresiko pada keselamatan dirinya.

8. Broken Home
Mengangkat kisah seorang anak dari keluarga yang orang tuanya tak pernah akur. Selalu pertengkaran yang disuguhkan, hingga membuat ayu bosan dan mencari kesenangan lain diluar rumah. Sayangnya, ayu salah memilih lingkungan pergaulan yang membuatnya menjadi sosok anak yang bandel, perokok dan sering mengkonsumsi barang – barang terlarang yang merusak tubuh.
Apalagi tingkahnya tersebut sangat jauh dari kepribadian seorang pelajar. Ketidakpedulian orang tuannya membuat tingkahnya semakin tak terkontrol dan akhirnya hanya penyesalan yang dapat di ungkapkan atas kesibukan dan kelalaian dalam mengontrol perkembangan anaknya.

9. Dari Hati-Opique Picture's
Mengisahkan tentang makna persahabat yang sesungguhnya. Deden, yang dengan segala kekurangannya, ingin bergabung dengan sebuah genk yang anggotanya berasal dari keluarga yang cukup mapan. Kesempatannya untuk bergabung pun kandas karena keterbatasan ekonomi keluarga. Hanya sepeda motor butut peninggalan sang ayah yang bisa diandalkan. Tetapi, bukan sebuah pengakuan untuk bergabung yang Ia terima, malah cacian dan perlakuan buruk yang ia terima.
Ternyata setelahkejadian tersebut, salah seorang dari anggota genk tertimpa kemalangan. Dengan segenap kebesaran hati, dedenlah yang membantu Jerry yang kesusahan. Hingga mereka menyadari bahwa materi bukanlah hal yang utama dalam sebuah persahabatan melainkan sebuah ketulusan hati.

10. Sahabat Bintang
Mengisahkan tentang Echi yang bermasalah karena belum melunasi sangkutan sekolah. Keterbelakangan ekonomi membuat dia harus bekerja paruh waktu. Seusai sekolah, ia bergegas menuju cafe dan bekerja sebagai pelayan.
Tak disangka, sahabat – sahabatnya mengetahui hal tersebut dan berinisiatif untuk membantunya berjuang mengumpulkan uang karena kepedulian mereka merasakan kesedihan bintang. mereka berbagi tugas, ada yang berdagang kripik dan es, ngamen dan mulung. setelah perjuangan dirasa cukup, uang hasil kerja keras mereka diserahkan pada Echi. Echi sangat senang memiliki Sahabat bagaikan bintang yang selalu bersinar walau terkadang Ia tak selalu tampak.

11. Aku nak merantau
Mengisahkan persahabatan anak desa yang ingin menjadi atlet renang.
Dengan segenap keberanian ia minta izin pada orang tuanya untuk merantau ke kota demi mewujudkan impiannya. Orang tuanya pun setuju dengan keputusan tersebut. Hari demi hari, ia selalu berlatih. Setelah cukup tangguh mengasah kemampuannya dalam bidang renang, ia pun mencoba mengikuti perlombaan renang. Di hari perlombaan ia harus bersaing dengan lawan – lawan yang cukup tangguh. Walau nyalinya sempat menciut namun ia tetap optimis dan berjuang dengan segenap kemampuannya untuk menjadi atlit renang terbaik.

12. Jalan Hidupku
Keterberbelakangan ekonomi membuat Ayu harus merelakan beberapa hari sekolahnya untuk membantu orang tuanya melunasi tunggakan kontakan rumah dan kebutuhan sehari – hari. Ibunya yang sedang sakit pun merelakannya untuk bekerja karena kebutuhan yang sangat mendesak. Ayu segera mencari pekerjaan dan menawarkan tenaganya menjadi pembantu rumah tangga dan menjadi pelayan di warung. Setelah hasil upahnya mencukupi, Ia kembali bersekolah. Tetapi, teman – teman yang iseng malah mencuri uangnya. Perbuatan teman - temannya tersebut tidak semululus yang di rencanakan. Karena ada salah seorang murid yang melihat perbuatan mereka dan melaporkannya pada guru. Alhasil mereka pun harus menanggung hukuman atas segala kejahilan yang pernah mereka perbuat.

13. Teman Tanpa Pamrih
Perjuangan beberapa sahabat untuk membantu “Ade” yang sedang kesusahan dalam pemenuhan biaya pengobatan ayahnya yang sedang sakit. Ia memang anak yg pintar walaupun berasal dari kalangan miskin. Para sahabatnya berinisiatif dan berbagi tugas bekerja mengumpulkan uang sepulang sekolah. ada yang bekerja sebagai penjual, ada juga yang bekerja sebagai pengamen. Walaupun mereka mengalami kesulitan, tapi, mereka tetap berjuang demi sahabat mereka yang sedang kesusahan. Akan tetapi, di tengah kesusahan yang melanda mereka, kebahagiaan pun menghampiri. Seseorang, bak malaikat penyelamat mengumumkan bahwa “Ade” memenangkan perlombaan dengan hadiah sebesar 20 juta yang dapat di gunakan untuk pengobatan ayahnya.

14. Gulungan Uang-Opique Picture's
Mengisahkan seorang anak yang sekolah sambil berdagang gorengan di sekolahnya untuk membantu perekonomian keluaga. Banyak suka duka yang dialami dalam menjajakan dagangannya. Terkadang ada teman yang iseng mengambil dagangannya anpa bayar dll. Awanya semua lancar, banyak yang membeli dagangannya. Mulai dari murid bahkan guru. Akan tetapi, pihak kantin tak setuju dan merasa di rugikan kerena pembeli yang mampir di kantin semakin berkurang.

15. Berlari
Mengisahkan tentang perjuangan seorang anak dari mantan pelari nasional yang sudah tak berdaya karena kondisi fisik yang semakin melemah.
Dengan bekal semangat kekaguman pada sosok sank ayah, maman berjuang dan selalu disiplin untuk berlatih agar ia dapat menjadi atlit lari nasional. Setelah cukup tangguh dengan persiapan yang telah matang, maman izin pada orang tuanya untuk merantau kekota mengikuti perlombaan lari. Impiannya pun tercapai untuk menjadi pemenang. Akan tetapi, ketika ia pulang dan ingin berbagi kebahagian, sang ayah malah telah berpulang meninggalkan mereka selamanya.

16. Sahabat Sejati
Kedekatan Evi dengan Fachri membuat “Ocha” makan Hati. Walaupun Hubungannya dengan fahri telah berakhir. Perasaan sayang yang masih berkembang dalam hatinya semakin menumbuhkan kecemburuan. Semakin hari, ia semakin tak kuasa menahan kecemburuannya. Apalagi Evi adalah sabatnya. Hari – Hari yang berlalu dengan cepat, menyadarkan Evi. Hingga Evi mengambil keputusan untuk merelakan hubungannya demi persahabatan yang telah lama terjalin. Walau keputusan tersebut membuat fachri kecewa dan merasa di permainkan, tapi mereka menyadari bahwa persahabatan lebih penting. Akhirnya hubungan mereka pun baik kembali.

17. Tetap Semangat
Keirian kepada Rio membuat Jon memeras otak untuk memikirkan cara yang tepat untuk menyinggirkan Rio. Walau ia berasal dari keluarga ekonomi rendah Rio adalah siswa yang berprestasi dan berkepribadian baik. Berbagai cara dicoba Jon akhirnya gagal dan menyadari kesalahperhitungannya, karena segala masalah yang dihadapi Rio tidak membuatnya putus asa, melainkan tetap semangat. Bagaimana Rio mengatasi masalahnya? Siapa yang membantunya? Jangan lewatkan film ini.

18. Penculikan Anak
Lyssa tiba-tiba didatangi oleh seorang yang tidak dikenalnya dengan menyaru sebagai sales produk mobil. Tanpa ada rasa curiga Lyssa mendekati orang tersebut, tetapi tiba-tiba mulutnya dibekap dan dilarikan oleh teman si sales. Menyadari Kakaknya diculik, Kiki mengadukan hal ini kepada ibunya. Namun kepanikan membuat ayah ibunya kehilangan jejak si penculik. Informasi mengenai keberadaan Lyssa akhirnya terjawab setelah si penculik menelepon ayahnya dan meminta uang tebusan, tanpa ada campur tangan polisi atau si penculik mengancam akan membunuh Lyssa. Orang tua Lyssa menyetujui uang tebusan tetapi tetap melaporkan masalah ini kepada polisi. Bagaimana nasib Lyssa?

19. Payung Pengantin
Heni dijodohkan oleh ibunya kepada seorang pemuda yang tidak dikenalnya. Saat menikah ibu Heni yang langusung memayunginya dengan payung pengantin. Namun setelah menikah, ibunya melarang Heni punya anak. Misteri ini baru terkuak setelah ibunya meninggal. Karena Heni lama tidak bisa mempunyai anak, sampai akhirnya ia hamil dalam kondisi tertekan, karena suaminya tidak seperti yang ia harapkan. Stress membuat janin Heni tidak sehat dan anaknya meninggal saat terlahir di saat suaminya tidak ada. Dan payung pengantin yang digunakan almarhum ibunya yang digunakan memayungi anaknya menuju pemakaman. Bagaimana nasib Heni selanjutnya? Apa sikap suaminya mengetahui anaknya meninggal? Saksikan kisah selanjutnya.

20. Impian Anakku
Saro adalah anak Nias yang bercita-cita menjadi seorang tentara. Menurut pamannya, untuk menjadi tentara ia harus dewasa dulu. Tanda-tanda dewasa bagi pemuda Nias adalah kemampuan melombat Ombo batu. Saro salah pengertian mengenai penjelasan pamannya ini. Akhirnya setiap hari ia pergi ke hutan untuk berlatih melompat Ombo batu yang menurutnya supaya dia cepat dewasa, sampai suatu hari ia tidak dapat pulang. Kenapa? Jangan lupa nonton...


21. Trafficking
Mengisahkan tentang seorang pengungsi anak yang tinggal di sebuah barak yang diincar oleh seorang pemuda yang tidak dikenal. Dengan bujuk rayu dijanjikan pekerjaan si pemuda akhirnya berhasil mengajak si anak keluar dari barak pengungsi. waspadai trafficking!