Selasa, 22 November 2011

Synopsis Film FFA Medan 2009 - Kategori Dokumenter

1. Ari Electric
Ari, seorang anak yang mandiri dan hidup jauh dari orang tuanya. Suatu hari ia terpukul dengan kenyataan bahwa sang ibunda terserang stroke ringan. Padahal jadwal Ujian nasional semakin dekat dan keterbatasan ekonomi yang melanda menambah beban pikirannya karena belum juga melunasi tunggakan biaya sekolah. Ari pun di tawari berbisnis pulsa. Perjuangannya untuk mencari biaya tambahan berjalan dengan baik dan ia telah banyak di kenal. Dengan semangat dan kerja kerasnya, sekarang ia dapat mandiri melunasi biaya sekolahnya tanpa harus meminta pada orang tuanya. Bahkan ia dapat merekrut teman – temannya untuk menjalani bisnis yang telah di jalaninya.

2. Peluh sang Iwan
Film yang menyugukan tentang kehidupan iwan, anak dari seorang buruh bangunan dan buruh cuci yang putus sekolah kerena tak mampu untuk melunasi biaya sekolah, disebabkan keterbatasan ekonomi keluarga. Dalam Kesehariannya ia harus merelakan waktu bermainnya dan selalu menyisihkannya untuk membantu kedua orang tuanya dalam pemenuhan ekonomi keluarga. Meskipun banyak halangan dan rintangan yang dilaluinya tetapi, dengan kesungguhan dan semangatnya untuk belajar, akhirnya ia mendapat kesempatan untuk menikmati beasiswa untuk masa depan yang lebih cerah.

3. Kami Kelas Dua - A
Mengangkat kisah tentang sekolompok anak lapas yang mengikuti kegiatan positif yakni “pmamuka”. Walaupun mereka anak – anak lapas tetapi, mereka juga masih memiliki hak untuk mengembangkan kemampuan dan bakat yang mereka miliki untuk menjadi bekal bagi mereka di masa depan yang cerah. Dalam pramuka tersebut, mereka diajarkan peraturan baris – berbaris dan yang terpenting diajarkan tentang kedisiplinan. Walaupun mereka anak – anak lapas, tak tertutup kemungkinan bagi mereka untuk mengikuti kegiatan di luar lapas. Karena dengan semangat dan kedisiplinan dalam latihan, mereka dapat diandalkan untuk megikuti kegiatan – kegiatan positif tersebut.

4. Hydrosfer-Opique Picture's
Film ini termasuk dalam kategori film dokumenter yang menjelaskan macam-macam jenis sumur yang ada di derah medan. Film ini juga memaparkan berbagai kendala yang di hadapi serta solusi yang dapat membantu warga . kita dapat mengetahui jenis air yang tidak baik dan yang baik untuk di pergunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari.

5. Jalan – Jalan Ramadhan Sore
Film ini merekam salah satu pajak tradisional kota Medan dalam suasana menjelang berbuka puasa. Walaupun harganya cukup terjangkau, peminat dan rasanya tak pernah berkurang untuk setia menikmati menu – menu tersebut.

6. Info Sekolah
Menuangkan kegiatan ekstrakulikuler positif yang selalu diselenggarakan di sekolah yang didokumentasikan melalui kegiatan reportase siswa yang selanjutnya dikemas dalam bentuk pemberitaan.

7. Jambore Anak
Film yang mengangkat seputar kegiatan Jambore Anak pada hari anak nasional dengan tema berkreasi bersama alam.

8. Annai Velangkali
Video Dokumenter mengenai salah satu rumah ibadah di kota Medan, aset budaya yang nilai berhistoris.

9. Buddha Matreya
Video Dokumenter mengenai salah satu Vihara terbesar di Asia Tenggara, dilihat dari berbagai sisi yang ada di dalamnya.