Jumat, 02 Mei 2014

Pengen Membuat Film Sendiri?



bisnis-jabar.comOleh Abdalah Gifar

Beberapa tahun ke belakang, dunia fotografi adalah suatu bidang yang masih terbatas dan asing bagi sebagian besar orang. Namun saat itu muncul suatu keyakinan dari para praktisi fotografi, kelak setiap orang bisa menjadi fotografer.

Nyatanya hal tersebut telah terbukti kini. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah memudahkan setiap orang untuk menggelutinya sebagai profesi ataupun sekadar hobi.

Hal serupa berlaku terhadap dunia film. Produksi film yang identik dengan budget tinggi, untuk penyediaan kamera film dan sebagainya, kini sudah tidak berlaku lagi. Perkembangan kamera fotografi yang kini bisa juga merekam video dengan kualitas tinggi, telah memudahkan setiap orang untuk membuat film. Setelah sebelumnya pun, orang-orang bisa membuat film hanya dengan kamera
handphone.

Lalu setelah alat sudah ada ditangan, kira-kira apa lagi yang harus dipersiapkan untuk membuat film yang berkualitas? Berikut langkah-langkah untuk mewujudkan film yang Anda inginkan.

Buat cerita yang memang perlu untuk difilmkan. Kita harus punya motif dalam menentukan cerita yang akan diangkat. Tentukan inti ceritanya, sebaiknya dalam satu atau dua kalimat saja.

Tulis skenario dari cerita yang sudah matang karakter tokohnya dan konflik ceritanya. Secara teknis, tulis skenario tersebut dengan bahasa aksi atau visual, bukan deskripsi.

Breakdown script. Cacah skenario sehingga segala kebutuhan film yang perlu dipersiapkan kru di setiap bidang, bisa diketahui. Anggaran dana yang dibutuhkan dapat dianalisis dari sana.

Recce. Cari, tentukan, dan eksplorasi lokasi yang sesuai atau mendekati dengan cerita Anda.

Reading. Latihlah pemain film Anda agar menjiwai karakter dari tokoh yang akan difilmkan. Coba juga pemain Anda beradegan di lokasi yang sudah ditentukan.