Jumat, 02 Mei 2014

Action Movie FX: Buat Sendiri Efek Holywood-mu

Pernahkah terbayangkan olehmu bagaimana cara para sineas-sineas top Holywood membuat efek animasi yang begitu keren seperti mobil yang meledak begitu hebatnya atau meteor yang menubruk Bumi kemudian semuanya tinggal serpihan saja? lebih baik jangan membayangkan cara membuatnya karena pasti memusingkan bagi yang tidak biasa. Namun, jangan khawatir. Apabila kamu ingin membuat sendiri efek-efek seperti itu, there’s an app for that…
Action Movie FX: Buat Sendiri Efek Holywood-mu
Introducing, Action Movie FX. Aplikasi besutan Bad Robot Interactive ini akan memberikan efek ala Holywood seperti tembakan rudal hingga mobil yang berguling kedalam video pribadimu. Aplikasi ini akan amat berguna bagimu yang sudah bosan merekam video dengan hasil yang biasa-biasa saja. Dan aplikasi ini akan sangat amat berguna, apabila kamu ingin membuat lelucon dengan kawan-kawanmu.
Tampilan antarmuka yang ramah dan tidak memusingkan juga menjadi salah satu nilai plus bagi aplikasi yang mendapatkan rating 5 di Apps Store ini. Untuk mulai merekam, kamu hanya perlu men-tap icon Go pada menu home aplikasi ini. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan beragam efek yang ada pada aplikasi ini. Efek tersebut tampil dengan konsep cover flow, dan kamu hanya perlu memilih kira-kira efek apa yang akan kamu gunakan. Setelah memilih, akan muncul Director’s Note yang berisikan demo efek pilihanmu dan juga tips menggunakan efek tersebut. Apabila sudah siap, katakan action dan mulailah merekam.
Action Movie FX: Buat Sendiri Efek Holywood-mu
Audio yang dihasilkan oleh Action Movie FX patut diacungi jempol, pasalnya, suara yang dihasilkan oleh masing-masing efek begitu realistis. Bad Robot Interactive bekerja sama dengan Skywalker Sound dalam pembuatan audio untuk masing-masing efek didalamnya.
Untuk saat ini, Action Movie FX tersedia sebagai aplikasi gratis di Apps Store, namun tampaknya akan segera menjadi berbayar karena dalam laman aplikasi tersebut tertulis Free for a limited time. So, grab it fast dude…
Action Movie FX: Buat Sendiri Efek Holywood-mu
Action Movie FX menyediakan 4 efek bawaan yang dapat kamu gunakan dengan gratis setelah kamu mengunduh aplikasi ini. Tapi, apabila kamu merasa tidak puas dengan aplikasi yang tersedia, kamu bisa membelinya di New FX Shop. Okay, sekarang saya akan coba bahas mengenai efek apa saja yang ada didalamnya.

Missile

Efek missile atau rudal adalah efek yang berada diurutan pertama daftar efek Action Movie FX. Dengan efek ini, kamu bisa menciptakan adegan dimana objek yang kamu rekam, meledak hingga mengeluarkan asap hitam akibat tembakan rudal. Baiknya, ketika kamu menggunakan efek ini, targetkan kamera ke objek-objek seperti mobil, rumah, ruang tamu, atau bahkan kandang ayam seperti yang saya hadirkan dalam video dibawah ini. Yang saya senang dari efek-efek di Action Movie FX adalah scene yang selalu berakhir dengan layar hitamnya.

Car Smash

Salah satu efek favorit saya di Action Movie FX. Dengan efek ini, kamu bisa membuat sebuah adegan dimana tiba-tiba, sebuah mobil hitam besar berguling dengan hebat tepat kearahmu. Efek debu sebelum mobil tersebut berguling juga amat nyata. Baiknya, kamu menggunakan efek ini ketika sedang berada dijalan raya yang kosong, apalagi saat ini Jakarta sedang sepi bukan? ya, tapi hati-hati yah ketika mengambil video di tengah jalan raya.

Demolition Rock

Nah, ini adalah efek yang paling mengaggetkan di Action Movie FX. Bagaimana tidak? coba rekam video temanmu yang sedang duduk dengan tenang dan kemudian, tambahkan efek Demolition Rock ini kedalam video temanmu itu. Sebuah batu besar akan menimpanya secara tiba-tiba, dibarengi dengan efek lantai retak akibat tertimpa batu tersebut. Tapi, dalam video yang saya hadirkan ini saya tidak menghadirkan teman saya sebagai objek karena mereka tidak ada yang bersedia menjadi objek efek Demolition Rock ini.

Rough Terrain

Efek gratis terakhir yang ada di Action Movie FX. Efek ini menurut saya amat cocok kamu tambahkan kedalam video yang kamu ambil didalam rumah. Efek ini menghadirkan adegan dimana batu-batuan besar seperti batu pecahan sebuah tebing runtuh tepat kearahmu. Seperti Car Smash, dalam efek ini juga terdapat debu-debu yang datang bersamaan dengan batuan-batuan tersebut. Coba rekam video ruang tamu rumahmu dan tambahkan efek ini, kemudian perlihatkan kepada siapapun. Mungkin mereka tertipu ketika kamu bilang “eh, rumah gue kemarin roboh…!!!”.
Selain keempat efek yang telah saya bahas diatas, masih banyak lagi efek lainnya yang bisa kamu beli di New FX Shop seperti: Meteor From Outer Space, Electro Strike, Flash Flood, Ground Sucker, The Jet, Power Failure dan banyak lagi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, aplikasi ini amat sangat menghibur. Bagaimana tidak? jika kamu adalah orang dengan tipikal iseng, maka kamu bisa saja menjahili kerabat maupun sahabatmu dengan aplikasi ini. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi sineas muda, aplikasi ini juga amat tepat karena bisa menjadi media latihan sebelum benar-benar terjun ke dunia perfilman. Namun, saya tidak memiliki keinginan menjadi sineas muda jadi, tipe yang pertama lebih tepat dengan kepribadian saya.