Sabtu, 15 April 2017

Distorsi Komunikasi Organisasi




tugas komunikasi organisasi
departemen ilmu komunikasi
fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
universitas sumatera utara
2012-2013

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak

KOMUNINKASI ORGANISASI
Wursanto mengartikan komunikasi organisasi ialah suatu proses penyampaian informasi, ide-ide diantara para anggota organisasi secara timbal-balik dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan (2005:158). Mengutip pendapat R. Wayne Pace dan Don F. Faules (2001:31-33) Komunikasi organisasi adalah prilaku pengorganisasiaan yang terjadi atau bagaimana mereka yang terlibat dalam prose situ bertransaksi dan memberi makna atas apa yang sedang terjadi. Dan lebih jelasnya Komunikasi Organisasi adalah proses penciptaan makna atas interaksi yang menciptakan, memelihara dan mengubah suatu organisasi.
DISTORSI DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
PEMBAHASAN

Salah satu definisi komunikasi organisasi yang ada adalah definisi komunikasi menurut Redding dan Sanborn. Menurut mereka, komunikasi organisasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan informasi dalam sutau organisasi yang kompleks, meliputi Komunikasi internal yang terjadi diantara orang-orang yang berada didalam suatu organisasi meliputi komunikasi vertikal dari atas ke bawah (downward) maupun komunikasi dari bawah ke atas (upward) dan komunikasi horisontal diantara orang-orang yang sama tingkatan otoritasnya dalam suatu organisasi.

Dari segi lawannya dapat dibedakan menjadi :
Komunikasi satu lawan satu
Komunikasi satu lawan banyak
Komunikasi banyak lawan atau kelompok lawan satu
Komunikasi kelompok lawan kelompok

Dari segi keresmiannya dapat dibedakan menjadi :
Komunikasi formal
Komunikasi informal Gangguan (noise) dalam sebuah komunikasi dapat diartikan sebagai faktor-faktor eksternal maupun internal (psikologis) yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses komunikasi

Hambatan-hambatan yang terjadi dalam sebuah komunikasi dapat berupa antara lain:
Hambatan dari Proses Komunikasi
Hambatan Fisik
Hambatan Semantik
Hambatan Psikologis

PENUTUP
Kesimpulan
Komunikasi yang efektif sangat menentukan kelangsungan hidup dan kesehatan suatu organisasi. Untuk dapat mengetahui apakah kegiatan komunikasi yang sudah dijalankan efektif atau berhasil mencapai tujuan dan sasaran organisasi adalah dengan melakukan audit komunikasi.