Kamis, 23 Mei 2013

Pemutaran Film Omnibus “BOHONG”

PRESS RELEASE Komunitas Film Sumut (KoFi Sumut)
Gedung Sidang Lt. III, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan


photo by opique

Film Omnibus, atau yang juga dikenal sebagai Film Anthology adalah salah satu jenis film yang terdiri dari beberapa jenis film pendek yang berbeda, biasanya diikat bersama oleh sebuah tema, premis, atau adegan tertentu. Biasanya masing-masing film tersebut disutradarai oleh sutradara yang berbeda. Film Omnibus sendiri di Indonesia sudah merupakan hal yang tidak baru lagi, mengingat sudah banyaknya film Omnibus yang diproduksi seperti Rectoverso (2013) dan Belkibolang (2011).


Kali ini 4 komunitas film yang tergabung dalam Komunitas Film Sumatera Utara atau KoFi Sumut menggelar pemutaran film Omnibus Sumatera Utara bertajuk “BOHONG” yang juga disutradarai oleh 4 orang yang berbeda, diantaranya: Hendry Noorman (Matasapi Films),  Andi Hutagalung (Media Identitas Film), Winda Mitari Utami (Opique Pictures), dan Immanuel P. Gintings (Manurojectpro) yang diadakan di Gedung Sidang Lantai III Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.

Dalam Omnibus BOHONG ini, terdapat 4 judul film yang menggambarkan makna kebohongan yang bervariasi, dan diinterpretasikan oleh kelima komunitas film Indie ini, yaitu: Kontradiksi, Ego, Kong X Kong, dan Segi Empa. Keseluruhan Film yang berdurasi total 1 jam lebih ini mencoba menggambarkan kebohongan yang dibungkus dengan genre fiksi drama-action. Se-simple apapun pemicu kebohongan, ternyata bisa juga mengakibatkan dampak yang berbeda. Hal inilah yang terlihat dalam film kali ini.


Pemutaran film ini merupakan Premiere dari rangkaian pemutaran film dan roadshow ke kota-kota di Sumatera Utara oleh KoFi Sumut. Antusiasme penonton terlihat dalam pemutaran film yang dilaksanakan selama dua hari ini di Unimed. Para penonton yang berasal dari beberapa kalangan ini, beramai-ramai menyaksikan pemutaran film Omnibus BOHONG ini yang dijadwalkan diputar dua kali sehari yaitu pukul 11:00 dan 13:30 WIB. Dan Pemutaran Film ini sendiri merupakan bagian dari acara Amelia de Amelia FBS Unimed.

Pada pemutaran film kali ini, KoFi Sumut juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada Bapak Ahmad Bengar Harahap, S.Pd., M.Hum. selaku Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman dan Perwakilan dari KLDF (Komunitas Lingkar Dokumenter Film) Medan atas dukungan dan apresiasi mereka terhadap Perfilman Lokal Sumatera Utara. Penghargaan ini langsung disampaikan oleh KoFi Sumut disaksikan penonton yang baru saja menyaksikan Premiere BOHONG di hari terakhir pemutaran film ini.

Untuk rencana selanjutnya KoFi Sumut akan mengadakan Roadshow ke daerah Sumatera Utara dalam rangka diskusi dan pemutaran film BOHONG.
© Komunitas Film Sumatera Utara 2013