Jumat, 04 April 2014

Bermacam Genre FIlm

Apakah Anda selalu punya jadwal untuk nonton di bioskop? Atau apakah Anda gemar berlama-lama di depan TV sambil menatap layar yang tengah menyuguhkan sebuah cerita? Jika ya, bisa dikatakan, Anda adalah orang yang memiliki kesukaan menonton film.
Biasanya, film yang dipilih untuk ditonton memiliki keterkaitan dengan karakter diri Anda. Artinya, Anda hanya ingin menonton genre atau jenis film tertentu. Meskipun, jelas, banyak juga orang yang melahap semua genre film demi mengetahui rasa yang dihadirkan dalam setiap genre film yang sedang ditontonnya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai genre film yang selalu bertebaran di bioskop atau layar TV Anda, baiknya simak ulasan di bawah ini. Diharapkan Anda bisa tahu rasa yang akan keluar dari alur cerita film yang Anda tonton.

Film Drama
Genre film ini memberikan alur cerita mengenai kehidupan. Keharuan lebih ditonjolkan dalam film ini agar penonton bisa ikut merasakan apa yang dirasakan para tokohnya.
Tak jarang, air mata dikuras dalam perjalanan film ini hingga selesai. Hentakan-hentakan yang dihadirkan dalam film ini pun terkait dengan emosi tokoh terhadap masalah yang tengah dihadapinya.

Contoh film drama; Romeo and Juliet, Remember Me, Hachiko, Dear John, dan sebagainya.
Genre film drama memiliki beberapa alur, diantaranya;
  • Drama Musikal; film drama yang beberapa scenenya mengajak penonton bernyanyi bahkan menari. Contohnya, 3 Idiot, My Name is Khan, Grease, High Scholl Musical, Dawai 2 Asmara, dan sebagainya.
  • Drama Komedi; film drama yang di dalamnya memiliki unsur menggelitik dan bisa membuat tertawa. Contohnya, Proposal, Back Up Plan, Pretty Woman, dan sebagainya.
Genre film ini juga memiliki turunan lagi;
Drama Religi Komedi; film drama yang dibalut dengan unsur religi dan komedi. Contohnya, Jiung & Si Pandir Dari Betawi, Para Pencari Tuhan, dan Islam KTP.

Film Laga
Pertarungan demi pertarungan dihadirkan pada genre film ini. Bahkan, ada beberapa scene yang hanya mempertontonkan seni bela diri saja tanpa ada suatu percakapan.
Penonton seperti dibawa ke dalam kecepatan gerak tubuh para tokoh yang tengah berkelahi. Biasanya, orang-orang yang gemar bela diri cenderung menyukai genre film ini.
Contoh film laga, Merantau, Ip Man, Film-film yang dibintangi Bruce Lee, Jet Lee, Jackie Chan, Zhao Wen Zhuo, dan sebagainya.

Film Horor
Genre film ini terkait dengan legenda menyeramkan pada suatu daerah atau legenda yang sengaja dibuat untuk menghadirkan film ini. Penonton akan sering berteriak ketika menonton genre film ini, karena tanpa disadari tiba-tiba saja hantu muncul di layar.
Contoh film horor, Kuntilanak, Suster Ngesot, The Ring, The Hunting, Exorcist, dan sebagainya.

Film Thriller
Film Thriller selalu menegangkan dan tak luput mengandalkan logika. Karena, sepanjang jalan cerita Anda akan disuguhkan dengan peristiwa pembunuhan. Hal ini memacu ketakutan tersendiri dalam diri. Tapi, jika Anda tidak suka dengan alur seperti ini, lebih baik hindari genre film thriller.

Contoh film thriller, The Collector, Perfume; the story of murderer, Scream (1, 2, 3), Urban Legend (1,2), I Know What You Did Last Summer, The Bone Collector, dan sebagainya.

Film Fantasi
Film yang alur ceritanya di luar nalar manusia. Sesuatu yang tidak mungkin, akan terjadi di film ini. Kelebihannya, film ini akan selalu menyodorkan sesuatu yang membuat decak kagum penonton akan makhluk dan benda-benda yang tidak ada dalam kehidupan nyata.
Contoh film fantasi, Harry Potter, Twilight, Narnia, Lord of the Ring, Avatar, Spiderman, Dragon Ball, dan sebagainya.

Film Animasi
Anda penggemar kartun? Jika ya, tidak salah memilih genre film ini.
Contoh film animasi, Spongebob Squarepants, Avatar the legend of Aang, Chalk Zone, Cinderella, Beauty and the Beast, dan sebagainya.

Film Komedi
Genre film ini mampu mengocok perut. Sebabnya, alur cerita yang disodorkan adalah kelucuan. Tangis atau amarah berlebihan yang didramatisir tidak dipakai pada alur dalam film ini.

Contoh film komedi, Mr. Bean, Darma and Greak, Friends, OKB, Kejar Suparman, Lajang, Bajaj Bajuri, dan sebagainya.

Film Perang
Biasa disebut juga dengan film kolosal. Bisa berdasarkan sejarah atau hanya sebuah imajinasi belaka. Namun, film ini melibatkan begitu banyak orang.
Contoh film perang, 300, Fatahillah, Brave Heart, The Patriot, Troy, Gladiator, The Last Samurai, dan sebagainya.

Film Ilmiah
Genre film ini biasa disebut dengan sci-fi. Ilmuwan akan selalu ada dalam genre film ini karena apa yang sesuatu mereka hasilkan akan menjadi konflik utama dalam alur.
Contoh film ilmiah, Jurassic Park, Splice, dan sebagainya.

Film Petualangan
Genre film ini adalah hadiah untuk Anda yang jatuh hati pada alam. Karena, alur film ini memang membawa penonton ke alam bebas. Anda akan dibawa berpetualang oleh film ini.
Contoh film petualangan, High Lane Vertige, dan sebagainya.

Film Biografi
Rujukan genre film ini harus akurat. Karena, film ini mengisahkan tentang riwayat hidup seseorang.
Contoh film biografi, Malcolm X

Film Dokumenter
Dibuat untuk mengabadikan kisah atau tragedi yang terjadi dalam kehidupan nyata.
Contoh film dokumenter, film perjalanan para pejuang RI

sumber : http://www.anneahira.com/