Kamis, 10 Oktober 2013

Workshop Teater Anak - Aku dan Indonesiaku

Suara anak jalanan, miskin kota, dan pelajar yang dilakonkan dalam Festival Teater Anak (FTA) 2013



Kegiatan workshop Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas Anak Melalui Pelatihan Teater dan Keaktoran telah dilakukan selama dua hari (29 dan 30 Maret 2013) di Medan. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah, anak jalanan, anak miskin kota, dan nelayan. Selain itu, kami juga telah melakukan technical meeting awal pada tanggal 6 Juni 2013 yang melibatkan perwakilan anak-anak dari berbagai status.

Melihat proses yang sudah dijalankan tersebut, semua anak mendorong agar diselenggarakannya media apresiasi atas bakat dan kreatifitas mereka dalam dunia lakon. Anak-anak berpendapat bahwa mereka punya pandangan-pandangan yang perlu untuk disampaikan sebagai bentuk kritisi dan harapan mereka terhadap kondisi negeri tercinta ini.

FTA sendiri akan dilakukan selama 3 (tiga) hari, mulai 24-26 Oktober 2012 di gedung pagelaran Teater “O” Universitas Sumatera Utara (USU). Tanggal 24 Oktober 2013 akan dilakukan technical meeting dan pengundian nomor pementasan, kemudian tanggal 25 dan 26 Oktober 2013 akan dilakukan pementasan komunitas teater anak. Sekaligus penyerahan penghargaan yang akan dilakukan tanggal 26 Oktober 2013. Sampai saat ini, setidaknya lebih dari 15 komunitas teater anak

se-Sumatera Utara dari berbagai sektor siap untuk berkompetisi dan memberikan pertunjukan yang edukatif dan kreatif.


Tentang Proyek
Proyek sosial ini muncul sebagai media apresiasi kepada anak untuk dapat menyuarakan pendapat dan kritikan untuk membangun bangsa Indonesia lebih baik. Anak sering kali kurang dianggap saat mereka menyampaikan pendapat kepada orang yang lebih dewasa, apalagi dengan hal yang menyangkut kebijakan daerah, padahal anak akan menerima dampaknya. Festival Teater Anak (FTA) akan menjadi bentuk media baru, di mana anak bebas untuk bereksprisi. Anak-anak dibekali dengan pemahaman Hak Anak, kemudian akan anak dalam komunitas teaternya akan mengambil salah satu issu yang mereka anggap cukup penting untuk disampaikan.

Selain itu anak diajarkan untuk berkompetisi secara positif dengan saling belajar dengan komunitas teater lain yang ada, karena festival ini akan melibatkan komunitas teater dari berbagai status sosial, anak jalanan, anak miskin kota, anak nelayan, dan anak pelajar.

Proyek ini sangat penting untuk didukung sebagai upaya kita bersama melakukan pemberdayaan terhadap anak, menghindarkan anak dari pergaulan yang tidak baik, dan memberikan ruang kepada anak untuk berpartisipasi terhadap perbaikan Indonesia. Memberdayakan anak dengan aktivitas positif akan membangun generasi mudah yang cerdas dan baik.





Penggunaan Dana

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk melakukan technical meeting peserta, penambahan hadiah (tabungan pengembangan kreatifitas, trophy dan sertifikat), dan kampanye hak-hak anak melalui media teater, selain itu penampilan terbaik 1, 2, dan 3 akan dibuatkan video kompilasi yang menarik yang akan diberikan kepada berbagai pihak seperti sekolah-sekolah, lembaga perlindungan anak, pemerintahan dan dermawan pada kegiatan ini.

Anggota Tim

M Taufik Pradana dan Muhammad Syawal

Rencana Pelaksanaan proyek

Setelah kegiatan technical meeting awal pada 6 Juni 2013 lalu, saat ini semua komunitas sedang berfokus memaksimalkan latihan. Sedangkan untuk acara puncaknya sendiri akan dilakukan pada tanggal 24-26 Oktober 2012 di gedung pagelaran Teater “O” Universitas Sumatera Utara (USU).

target dana Rp2.500.000 

Rewards

  • Rp50.000 - ke atas

    Ucapan terima kasih di akun Facebook PKPA dan FFA, serta website PKPA
    0 supporter

  • Rp150.000 - ke atas

    Ucapan terima kasih di akun Facebook PKPA dan FFA, serta di website dan bulletin sanggar PKPA
    0 supporter

  • Rp250.000 - ke atas

    Ucapan terima kasih di akun Facebook PKPA dan FFA, serta di website dan bulletin sanggar PKPA, gantungan kunci stop kekerasan anak, dan 1 buah CD Kompilasi Pemenang FTA
    0 supporter

  • Rp500.000 - ke atas

    1 buah CD Kompilasi Pemenang FTA, 1 buah pin/gantungan kunci FTA, 3 buku cetakan PKPA, bulletin edisi 1-5 terbitan anak, ucapan terima kasih di akun Facebook PKPA dan FFA, serta di website dan bulletin sanggar PKPA
    0 supporter

  • Rp1.000.000 - ke atas

    1 Kemeja Hitam dengan Tulisan ROMPI (Rumah Olah Mental Pemuda Indonesia), 1 buah CD Kompilasi Pemenang FTA, 1 buah pin/gantungan kunci FTA, 3 buku cetakan PKPA, bulletin edisi 1-5 terbitan anak, ucapan terima kasih di akun Facebook PKPA dan FFA, serta di website dan bulletin sanggar PKPA
 Contact Person :
Muhammad Syawal : 083194840300
M Taufik Pradana : 083197250111