Mendefinisikan Seni
Sebenarnya hingga saat ini belum ditemukan
definisi dari SENI. Namun paling tidak ada 3 definisi yang barangkali
sedikit mendekati.
- Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk menyenangkan
- Seni, merupakan emosi yang menjelma menjadi suatu ciptaan yang menyenangkan
- Seni, hasil getaran jiwa dan keselarasan dari perasaan serta fikiran yang mewujudkan sesuatu yang indah.
Coba kita renungkan atas usaha pendefinisian
seni di atas. Apakah anda puas ? Tidak! Ahaa….berarti memang terbukti
bahwa sangat sulit untuk mendefinisikan kata seni.
Namun, kalau boleh jujur ada sedikit benang
merah yang bisa kita ambil, bahwa seni tumbuh dari perasaan yang dalam
dan kuat menjadi suatu gagasan atau ide melalui berbagai macam proses
berubah menjadi Karya Seni.
Jika kita pilah, hasil karya Seni tersebut bisa berupa :
Seni Rupa, bisa dilihat dan diraba
Seni Suara & Musik, berbentuk bunyi-bunyian
Seni Drama, pementasan
Seni Tari, gerakan
Sesi Sastra, tulisan dan perkataan
Menurut beberapa catatan, Seni bisa digolongkan sebagai berikut :
Liberal Art, dihasilkan
oleh orang-orang yang merasa tinggi derajatnya. Umumnya krgiatan mereka
melakukan hal-hal yang menyenangkan dan mempelajari ilmu pengetahuan.
Vulgar Art, diperuntukan bagi para budak dengan kegiatan yang dianggap kasar.
Penggolongan lainnya adalah :
Fine Art, kegiatan seni
yang dilakukan semata-mata untuk keindahan. Penciptaan suatu karya seni
yang berdasarkan kepentingan Estetis, seperti : Seni Tari, Musik,
Sastra, Lukis, dan Drama.
Useful Art, disebut juga
Applied Art atau Practical Art atau Technical Art yakni suatu cabang
seni berdasarkan suatu kegunaan atau keperluan tertentu, seperti :
perabotan,kendaraan,perabotan,dll.
Ada juga penggolongan berdasarkan :
Major Art, Nilai yang
terkandung dalam hasil karya seni ini besar, untuk menciptakan hasil
karya seni ini membutuhkan cita rasa yang tinggi. Contoh seni ini
misalnya, Seni Lukis, Musik, Drama.
Minor Art, Nilai yang
terkandung dalam seni ini dianggap kecil, tidak dibutuhkan cita rasa
tinggi. Bahkan siapa saja bisa melakukan kegiatan ini, misalnya untuk
Perabotan, Kerajinan, Pakaian, Hiasan.
Sifat Dasar SENI
Ada lima sifat dasar Seni, yakni :
Individual
Kreatif
Perasaan
Keabadian
Semesta
Kegiatan seni biasanya dilakukan seseorang
tertentu, seorang individu yang khusus/khas. Karya seni senantiasa
merupakan ciptaan individu, misalnya : Lukisan karya si X, Novel
Karanngan si A, dst.
Seni, sebagai suatu rangkaian kegiatan manusia yang selalu menciptakan realita baru, sesuatu yang sebelumnya tidak ada.
Bagi karya seni tidak ada ukuran benar salah
menurut pertimbangan akal manusia, karena apa yang diungkapkan seorang
seniman melalui karya seninya adalah perasaan.
Seni memiliki sifat yang abadi, suatu karya
seni tercipta dan selesai. Realita ini akan langgeng walaupun seniman
penciptanya sudah meninggal. Seniman adalah merupakan satu-satunya
pemenang dalam perjuangan melawan waktu.
Seni muncul dimana-mana dan tumbuh sepanjang
masa, karena masnusia mempunyai perasaan. Seni, semacam bahasa yang
dapat mengungkapkan perasaan itu.
Apresiasi Seni
Ada beberapa fungsi apresiasi dalam seni, yakni :
Penikamatan
Penilaian
Empati
Hiburan
Penikmatan suatu hasil karya seni akan menimbulkan rasa puas, kecewa atau tidak meimbulkan rasa apa-apa pada si pengamat.
Proses penilaian berlangsung dalam mencari
nilai seni, memahami isi pesan dari karya seni, mengadakan
perbandingan-perbandingan sehingga didapatkan suatu kesimpulan.
Pengamat turus serta merasakan suka-duka, pikiran, perasaan, pandangan hidup dan watak yang tercermin dalam karya seni.
Nilai Seni
Kita dapat menilai karya seni dari segi fisik dan psikis. Dari segi fisik antara lain :
Garis
Warna
Bentuk
Nada
Komposisi
Dan dari segi psikis adalah :
Ide
Aspek yang mengilhami
Filosofi
Kejiwaan
Aspek Kreativitas
Tehnik
Kepribadian
Teori Subyektif & Obyektif
Henry Home, Loard Ashley dan Edmund Burke
adalah para ahli estetika, mereka adalah satu kelompok orang yang
mendukung teori subyektif. Kelompok ini menyatakan bahwa keindahan pada
suatu benda sesungguhnya tidak pernah ada karena yang ada hanyalah
ungkapan dari perasaan dalam diri seseorang yang mengamati benda-benda
tersebut.
Plato, Hegel,dan Benard Bosanquet berpendapat
bahwa keindahan adalah sifat yang memang telah melekat dari orang-orang
yang mengamati. Ciri-ciri khusus suatu benda yang menjadi indah adalah
perimbangan antara bagian dalam benda tersebut indah.
Tata Artitistik (Part 2)
dari berbagai sumber
Tata Artistik
Televisi adalah bagian dari kru televisi, di beberapa stasiun televisi,
Tata Artistik masuk ke dalam Departemen Artistik atau Art Departement.
Di dalam departemen ini terbagi atas: Unit Dekorasi, Unit Properti, Unit
Grafika, serta Unit Tata Rias dan Busana. Namun di beberapa stasiun tv
di Indonesia tidak selamanya seperti ini, misalnya unit grafika (grafis)
di bebrapa stasiun tv justru bertanggung jawab pada post production
manager.
Sebenarnya apa
yang menjadi tanggung jawab seorang penata artistik adalah semua benda
yang dilihat penonton saat menyaksikan sebuah film atau tayangan sebuah
acara. Pembuatan set, atau setting dari sebuah adegan menjadi tanggung
jawab penata artistik
Sedikit berbeda dengan penata artistik televisi, seorang art director
dalam struktur perfilman, bekerja di bawah pruction designer secara
langsung, dan di atas set designer dan berada dalam level yang sama
dengan set decorator. Kewajiban mereka yang terbesar adalah berbagai aspek administratif dalam art department, seperti pembagian tugas pada tiap personel, penyiapan bujet dan scheduling dan juga mengatur dan menjaga quality control.
Biasanya juga mereka bekerjasama dengan bagian yang lain, terutama
bagian konstruksi, tak heran karena tugasnya dalam membuat set dari
sebuah adegan. Tugasnya bisa dibagi dua yaitu, pre produksi dan saat
produksi.
Planning Meeting
Dalam pertemuan perencanaan program
televisi atau planning meeting, produser memaparkan konsep acara yang
akan dibuat. Dalam ha ini produser didampingi oleh sutradara atau
pengarah acara televisi. Atas penjelasan ini, piñata artistk menguraikan
rencana tata artistic untuk mendukung acara tersebut, uraian ini
dipaparkan dalam bentuk floor plan. Berikutnya, masing-masing departemen
mempelajari kembali apa-apa yang harus disiapkan. Kebutuhan set
dekorasi, property,serta grafika adalah hal-hal yang sangat serius
diperhitungkan secara detail oleh piñata artistic.
Production Meeting
Dalam pertemuan ini, pengarah acara
bertindak memimpin acara meeting produksi. Masing-masing penangung
jawab tim memaparkan tugas yang akan dilakukan secara lengkap, ini
penting agar departemen lainnya juga memahami konsep acara secara
keseluruhan. Dalam meeting produksi, peñata artistik sudah harus
mengajukan anggaran yang diperlukan dalam tata artistik.
Technical Meeting
Ini merupakan pertemuan terakhir,
dimana masalah teknis dibahas. Segala kebutuhan produksi harus selesai
dilakukan alias segala sesuatunya ready to use.
Pre production.
- Melakukan bedah skenario. Ini untuk mengetahui semua set yang diperlukan untuk semua adegan yang termasuk dalam sebuah film, Jadi setiap adegan, setiap percakapan yang mengaitkan pada sebuah keadaan (misal berbicara di sebuah bandara udara), maka art director harus mulai membuat list set apa saja yang diperlukan.
- Merinci apa saja yang dibutuhkan. Jika sudah tahu set apa saja yang dibutuhkan dalam membuat sebuah film, maka ia sudah dapat memulai membuat checklist benda-benda apa saja yang dibutuhkan. Tak hanya properti yagn kecil sebagai pemanis dari sebuah ruangan, namun juga set panggung misalnya atau apa saja yang membutuhkan konstruksi, di sini jika merupakan produksi besar, art director bisa bekerja sama dengan bagain konstruksi. Bahkan di beberapa produksi film, make up sampai wardrobe bisa menjadi salah satu tanggung jawab seorang art director untuk menyiapkannya. Misalnya saja, setting dari sebuah adegan adalah di tahun 1942 saat perang dunia kedua masih berkecamuk, ia harus dapat mencari properti benda-benda yang mewakili tahun tersebut sampai ke pakaian yang akan dikenakan oleh tokoh-tokohnya.
- Merinci budget yang dibutuhkan. Tentu saja setelah merinci apa saja yang dibutuhkan, ia juga perlu merinci bujet yang harus dikeluarkan, jika memang bujet terbatas, maka denagn sendirinya ia harus pintar-pintar membagi bujet sesuai kebutuhan. Semakin ia pandai membuat set yang sesuai dengan aslinya dengan bujet yang standar, maka namanya pun akan semakin dikenal.
Production
Film telah dimulai pembuatannya, maka tiap scene pun art director perlu ada dan berada di dekat sutradara untuk memastikan gambar yang diambil sesuai dengan yang diharapkan, sesuai dengan skenaro dan dalam tampakkan gambarnya pun terlihat nyata. Bisa saja ia ikut terlibat langsung, misalnya saja membetulkan letak set atau properti yang dirasa tak pas di adegan yang dimaksud. Kegiatan ini terus diikuti oleh art director, mulai dari bongkar pasang set, sampai ke penataan set sepanjang pengambilan gambar masih berlangsung.
Tata Artitistik (Part 3)
Komposisi
Memahami komposisi
dalam tata artistik adalah suatu keharusan, karena komposisi adalah
suatu unsur yang sangat penting dalam penciptaan karya seni. Secara
sederhana komposisi diartikan sebagai cara menata elemen-elemen dalam
objek, elemen-elemen ini mencakup garis, shape, form, warna, terang dan
gelap. Jadi, pengetahuan tentang komposisi akan berguna untuk
mendapatkan keseimbangan pandangan yang harmonis. Sederhananya, komposisi adalah salah satu istilah untuk mendapatkan keseimbangan bentuk.
Golden Section
Istilah golden
section biasanya digunakan untuk menentukan proporsi yang tepat antara
panjang serta lebar pada empat persegi panjang. Teori ini sebenarnya
merupakan temuan bangsa Yunani Kuno yang digunakan selama berabad-abad.
Contoh golden Section
yang baik misalnya perbandingan ukuran 5 X 3, dimana 5 untuk panjang dan
3 untuk lebar. Perbandingan lebar dan panjang yang lebih besar atau
lebih kecil dari angka ini biasanya akan membuat bentuk lebih kurus atau
memanjang sehingga terlihat kurang kokoh atau kurang seimbang.
Balance
Balance atau keseimbang merupakan kesamaan unsure-unsur yang berlawanan atau bertentangan. Walaupun
kelihatan bertentangan, dalam sebuah karya seni sebetulnya saling
berkaitan antara satu dengan lainnya. Jadi, unsur-unsur yang
bertentangan tidak perlu menggunakan bentuk yang sama, karena yang tidak
sama juga dapat menghadirkan keseimbangan yang menarik dengan syarat
terdapat kesamaan antara nilai masing-masing.
Harmonic
Harmoni atau
keselarasan juga harus diperhatikan, takni dengan memadu unsur-unsur :
Garis, Bidang, Bentuk, Warna, Nada, Rasa, dan Komposisi.
Dengan demikian,
setiap unsur dari suatu karya seni adalah perlu bagi karya seni itu
sendiri. Setiap unsur harus memerlukan, menanggapi dan memunculkan
keselarasan bentuk.
Ritme
Dalam karya seni, Irama
terbentuk karena pengulangan atau repetition dan gerakan atau movement.
Paling tidak, ada tiga hal yang menjadikan terjadinya ritme atau irama:
- Pengulangan bidang dan bentuk atau garis dengan jarak dan bentuk yang sama
- Perbedaan ukuran/bentuk yang teratur dan berkelanjutan
- Perbedaan jarak dan ruang yang terus menerus antara bentuk dan bidang yang selaras dalam gerak.
Kontras
Kontras
adalah perbedaan keadaan yang satu dengan yang lainnya secara mencolok
atau berlebihan. Misalnya perbedaan tinggi rendah suatu obyek, vertical
horizontal garis. Susunan
warna yang bertentangan juga bisa menimbulkan suatu kontras. Intinya,
kontras dibutuhkan untuk memberikan variasi pada penonton (kalau dalam
hal ini film & tv) agar tidak menimbulkan kebosanan.
Membangun
sebuah set untuk pertunjukkan acara televisi bukanlah suatu pekerjaan
yang mudah. Dimulai dari menterjemahkan ide/gagasan tim kreatif, membuat
sketsa desain, membuat set desain, membuat maket, hingga membangun set
itu sendiri.
Perhitungan matematika,fisika,dan tentu saja estetika (seni) menjadi satu keharusan agar sebuah set bisa menunjang sebuah acara televisi yang baik. Beberapa acara televisi yang mendunia bahkan punya standar sendiri, sehingga sebuah set di satu negara punya kemiripan dengan acara serupa di negara yang berbeda. Lihat saja panggung yang megah di acara musik World Idol, American Idon, Indonesian Idol, tampak mirip bukan ?
Komposisi,warna,backdrop,ornamen,property,menjadi perhatian khusus seorang art director ketika membuat gagasan set design.
Dengan adanya software 3D pekerjaan membuat set desain agak dipermudah. Software2 itu antara lain 3D Studio Max,Maya,3D Studio,dll.
Maket Karya : Agis Susanti CS
Perhitungan matematika,fisika,dan tentu saja estetika (seni) menjadi satu keharusan agar sebuah set bisa menunjang sebuah acara televisi yang baik. Beberapa acara televisi yang mendunia bahkan punya standar sendiri, sehingga sebuah set di satu negara punya kemiripan dengan acara serupa di negara yang berbeda. Lihat saja panggung yang megah di acara musik World Idol, American Idon, Indonesian Idol, tampak mirip bukan ?
Komposisi,warna,backdrop,ornamen,property,menjadi perhatian khusus seorang art director ketika membuat gagasan set design.
Dengan adanya software 3D pekerjaan membuat set desain agak dipermudah. Software2 itu antara lain 3D Studio Max,Maya,3D Studio,dll.
Maket Karya : Agis Susanti CS
“Gimana wardrobe buat talent cowok udah siap apa belum Ndah?” tanya Farrah, seorang Line Producer pada Indah dalam satu kesempatan persiapan shooting video klip. “Sebetulnya sich udah dapet Jeng, cuma ditolak sama sutradara tuh,…katanya kurang cocok sama karakter yang dia mauin”, jelas Indah dengan bibir monyong.
Wardrobe dalam arti sebenarnya adalah lemari dinding tempat menyimpan pakaian, awalnya nama “wardrobe” dimaksudkan pada sebuah ruangan di dinding yang menyatu dengan tembok. Sebutan lain untuk wardrobe adalah armoire.
Namun, dalam istilah televisi dan film istilah wardrobe langsung
dikaitkan pada masalah pakaian atau kostum pemain itu sendiri, bukan
tempat peyimpanannya.
Memilih pakaian untuk
sebuah pertunjukan film atau televisi bukan perkara mudah, selain harus
punya sense of art dia juga mesti memiliki skill yang baik. Memang orang
yang mengurus wardrobe tidak harus bisa merancang sebuah kostum tapi
alangkah baiknya jika dia punya pengalaman bekerjasama dengan seorang costume designer.
Gambar :gastah.com
Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pakaian di antaranya:
- Pilih pakaian dengan warna-warna yang sesuai dengan tema acara
- Hindari pakaian yang bercorak garis-garis kecil, baju dengan motif garis-garis kecil biasanya akan menimbulkan flickr.
- Jangan memilih pakaian dengan motif kotak-kotak kecil, ini juga akan mengakibatkan hasil visual yang flickr.
- Hindari kostum berwarna putih mengkilap apalagi polos tanpa corak
Adit sedang “membereskan” wardrobe peserta game show tv. Photo by Reni Umbara
Wardrobe yang unik dalam sebuah gameshow tv. Photo by Reni Umbara
Buku bacaan yang disarankan “Make-Up and Costume for Television” penulis Jan Musgrove
“Jeng……kok make up dia belang-belang begitu, rapiin dong…”, protes saya pada sebut saja Kriska, seorang make-up artist dalam satu kesempatan produksi acara tv. “Gw rasa cukup, gak apa-apa lah dia cuma piguran kan bowww…?” komentarnya enteng. ”Gak mau gw, pokoknya lu benerin lagian take masih 15 menitan lagi”, protes saya.
Selain prinsip dan pokok-pokok aksen di atas, permainan warna merupakan satu faktor yang utama untuk menentukan berhasil atau tidaknya make up kita, karena tiap warna mempunyai tugas/fungsi sendiri-sendiri untuk menciptakan hasil yang dikehendaki dalam membuat karakter.
Aida, make up artist sedang membereskan rambut seorang presenter gameshow tv
Sambil menggerutu si Kriska mulai “merapikan” make up si piguran tadi. ”Diki, kenapa sich lu tuh mesti detail banget, baru kali ini kerjaan gw diprotes orang” “Hehehe….tapi kan bagus gaknya make-up, lu juga yang bertanggung jawab.” kata saya “menenangkan” suasana. “Iya juga sich bowww…., cuma hari ini gw bener-bener capek”,komentarnya sambil membereskan beberapa bagian make-up di leher si figuran tadi. “Jeng, belum lama gw liat make-upnya presenter salah satu stasiun berita kok jelek banget, kira-kira kenapa ya?” tanya saya. “Jelek gimana maksud lu?” tanya dia penasaran. “Iya, setau gw kan si [sensor], belum tuir-tuir amir ya, tapi tadi pagi gw liat dia kayak lebih tua sepuluh taun dech” kata saya. “Hahaha…masa sich, yang nge-make up sengaja kali bowww…bikin make karakter”
Beberapa krupun pada terkekeh mendengar omongan terakhir Jeng Kriska
yang sudah malang melintang dalam soal poles memoles tubuh manusia ini.
Sebagai bagian dari tata artistic, make-up mempunyai peranan yang sangat
penting. Biar kelihatan akademis, sayapun mencari-cari apa definisi
dari make-up itu sendiri. Ternyata ada beberapa definisi, tapi yang
paling suka adalah ini,simpel banget. Make up adalah seni menggunakan bahan-bahan kosmetika untuk mewujudkan wajah yang diperankan. Jadi,
make-up itu ternyata seni juga ya booo…. Ba bo ba bo…emang gw kebooo,
hehehe… Tentang seni itu apa gak usah saya jelasin ya, kan udah di
pertemuan sebelumnya, pertemuan awal tentang mata kuliah Tata Artistik. Inget kan bowww…
Urutan make up secara sederahana adalah :
- Sunscreen
- Skin Enhancer (biasanya dipakai di daerah mata,hidung, dan pipi)
- Foundation
- Blush On
Bisa juga seperti ini :
- Mosturizer/sunscreen
- Primer/base make up
- Concealer
- Foundation
- Bedak
- Shading
- Mascara
- Eyeliner
- Eyebrow shadows & eyeshadows
Wuihhh…panjang kan? Tapi ada juga yang seperti ini :
- Moisturizer
- Sunblock
- Concealer
- Bluch on cream
- Bedak padat buat bawah mata
- Bedak tabur buat muka
- Eyeshadow
- Eyeliner
- Mascara
- Pensil alis
- Sikat alis
- Brow gel
- Bronzing/shimering di apple cheek
- Lipbalm
Jadi…..gak heran kan kalo cewek dandannya lama
banget? tapi….arrrgggh….bukan ini yang akan saya bahas. Yang akan
dibahas detail adalah bagaimana melakukan make-up karakter. Make up dengan tujuan khusus untuk karakter tertentu dalam sebuah film atau acara televisi.
O’ya…seperti biasa beberapa materi saya sarikan dari beberapa sumber, silahkan baca dengan damai…..
Make Up Karakter
Character Make up atau /Stage make up adalah untuk
menampilkan watak tertentu bagi seseorang aktor dan aktris di panggung.
Rias wajah karakter dimaksudkan untuk membantu aktor menggambarkan
suatu
peran dengan membuat wajahnya/ mukanya menyerupai muka peranan watak
yang akan dimainkan. Untuk mengungkapkan gambaran watak tersebut dapat
dilakukan rias wajah yang menonjolkan secara realistis maupun non
realistis. Rias wajah karakter ini dipergunakan untuk
persiapan-persiapan
bagi acara siaran TV, film, sandiwara, pentas mengikuti suatu pola umum
dan biasanya perias mengadakan rapat naskah (script conference) dengan produser atau sutradara sebelum atau sesudah membaca naskah.
Rias wajah karakter ini mempunyai ciri-ciri antara lain:
(a) garis-garis rias wajah yang tajam,
(b) warna-warna yang dikenakan dipilih yang menyolok dan kontras,
(c) alas bedak yang digunakan lebih tebal.
Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam merias wajah karakter yaitu:
(a) menganalisa gambaran watak yang diinginkan,
(b) mewujudkan gambaran watak tersebut dengan mempertimbangkan 8 faktor yang
menentukan yaitu:
1 ) keturunan/ras/genetik,
2 ) usia/umur,
3 ) kepribadian misalnya berwatak keras, ramah, berwibawa, lucu, atau manja,
4 ) kesempurnaan jasmani, atau adanya cacat yang menonjol,
5 ) kesehatan, apakah tokoh itu orang yang akan ditampilkan sakit-sakitan,
6 ) mode busana, tidak rias wajahnya saja, tetapi juga tatanan rambutnya, busana dan perlengkapannya yang menunjang,
7 ) lingkungan, seorang yang hidup di daerah tropis tentunya beda dengan mereka yang hidup di daerah sub tropis,
8 ) pendidikan seseorang yang berasal dari kalangan terpelajar akan
tampil beda dengan yang kurang terpelajar baik dalam hal tata rias
wajah, rambut maupun busana dan dan perlengkapannya.
Selain 8 faktor di atas ada 4 prinsip rias wajah karakter pada umumnya yaitu sebagai berikut.
1. Karakter tata rias adalah menggarap tata
rias pada wajah untuk merubah wajah sesuai dengan peran yang dimainkan
jangan sampai terlihat di tata rias, dilihat dari arah penonton. Ia
harus kelihatan wajar, jadi harus memberikan gambaran yang nyata kepada
penonton.
2. Tata rias jangan sampai mengganggu wajah pemain, crepe hair jangan
sampai mengikat kebebasan urat-urat muka/wajah. Jadi jangan memberikan
tata rias yang menganggu kenyamanan wajah pemain itu sendiri.
3. Make up seorang pemain kelihatan dari jauh yaitu di atas panggung di bawah sinar lampu, harus mempertimbangkan faktor (stage lighting) dan jarak antara penonton dan pemain.
4. Tata rias yang baik memberikan bantuan besar sekali pada pemain, jadi
mempergunakan tata rias sebagai bantuan yang penting pada acting tetapi tidak sebagai pengganti untuk acting. Pokok-pokok aksen yang perlu dalam penggarapan rias wajah karakter adalah sebagai berikut.
- Pipi perlu diberi shadow.
- Dahi, banyak kerutan.
- Dagu ada kantongan.
- Pelipis akan mendalam, maka perlu diberi shadow.
- Pangkal hidung ada kerut-kerut.
- Mulut banyak pecah-pecah.
- Mata, penonjolan mata dan kantong mata.
Selain prinsip dan pokok-pokok aksen di atas, permainan warna merupakan satu faktor yang utama untuk menentukan berhasil atau tidaknya make up kita, karena tiap warna mempunyai tugas/fungsi sendiri-sendiri untuk menciptakan hasil yang dikehendaki dalam membuat karakter.
Bahan-bahan make up karakter adalah:
1. Adhesive tape
Pita perekat ± berukuran 3 cm gunanya untuk memudahkan bermacam-macam keperluan.
2. Shadow
Untuk memberikan bayangan.
3. Eye brow pencil
untuk memberikan aksen-aksen.
4. Tooth enamel
Berbentuk cair gunanya untuk membuat gigi ompong atau membuat bentuk gigi bergerigi bisa diganti eye liner pencil.
5. Nose Putty
Alat berupa lilin lembut tidak berminyak untuk menambah hidung/dagu.
6. Adhesive/spirit gum
Perekat rambut untuk pembuat jenggot, jambang atau kumis.
7. Crape Hair
Rambut untuk membuat jenggot, jambang, kumis atau alis.
8. Non-fleksible Callodion
Alat untuk membuat bekas luka.
9. Hair Whitener
Untuk membuat uban/memutihkan rambut.
10.Mary Quant Crayons
Untuk membuat garis-garis watak.
11.Latex Gum
Karet yang mempunyai perekat untuk membuat garis kerut. Alternatif kosmetik lain yang bisa dipakai untuk rias karakter:
- Nose putty bisa diganti dengan malam mainan.
- Adhesive/spirit gum bisa diganti dengan lem, lem bulu mata atau kanji (lem yang terbuat dari tepung kanji yang dimasak hingga jadi lem).
- Crape hair bisa diganti dengan benang wool.
- Hair whitener bisa diganti dengan pasta gigi atau lilin pelangi warnaputih.
Aida, make up artist sedang membereskan rambut seorang presenter gameshow tv
Make Charater, butuh ketelitian. Foto by Reni Umbara
Macam-macam rias wajah karakter
- Rias karakter dasar (tengkorak)
- Rias karakter orang tua (sedih/menderita dan gembira)
- Rias karakter dewas pria
- Rias karakter cacat/luka
- Rias karakter lucu/badut
- Rias karakter binatang
- Rias karakter nenek sihir
Ngomongin Warna (Tata Artistik Part 6)
beberapa teori disarikan dari berbagai sumber
“Tunjukkan Merahmu….“, demikian salah satu tagline iklan sebuah rokok kretek. Memang ada apa dengan merah? Ya,…merah adalah salah satu warna. Merah bisa berarti keberanian, paling tidak ini yang saya masih ingat ketika zaman SD dulu. Pak Guru bilang (kebetulan guru yg dimaksud adalah Bapak saya sendiri, guru kelas 4 SD), merah artinya berani putih artinya suci, demikian kata Bapak saya waktu menjelaskan arti warna bendera Sang Saka Merah Putih. Bapak saya juga memaparkan eksperimen yg dilakukan Sir Isaac Newton dengan prisma percobaanya, cahaya dipantulkan pada prisma tersebut yang menghasilkan beragam wana indah : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Untuk menghafal warna2 tersebut cukup dengan menyingkatnya dengan MEJIKUHIBINIU. Arggghhh…..sepertinya saya tidak akan lupa paparan bapak saya itu sampai kapanpun juga. Bapak saya kini sudah lama pensiun dari guru SD, beliau senang sekali kini anaknya menjadi dosen (walaupun ngajarnya cuma malem doang…..,hehehe…)
Saat ini, waktu saya menjelaskan arti sebuah warna di salah satu kelas AKOM BSI saya tiba-tiba teringat paparan Bapak saya along long time ago. Ya, warna ternyata memiliki makna teramat penting. Secara sosiologis ternyata makna warna akan berbeda di negara yang berbeda. Misal, warna kuning akan dimaknai sebagai kesedihan dan duka di suatu negara, tapi warna yang sama justru akan dimaknai sebagai warna ceria dan kemakmuran di negara yang lain.
Warna Menurut Para Ahli :
Thomas Young (ilmuwan Inggris tahun 1801), menyatakan manusia dapat melihat warna karena di dalam retina mata manusia terdapat tiga reseptor warna yang masing-masing peka terhadap warna merah, hijau, dan biru. Ia mengatakan bahwa warna-warna merah dan biru adalah warna primer cahaya. Ketika mata menangkap warna, maka informasi yang ditangkap mata tersebut dikirimkan ke otak, otak kemudian mengolahnya, sehingga manusia dapat menerima informasi tersebut sebagai sensasi warna.
Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.
Menurut kejadiannya warna dibagi menjadi dua, yaitu warna additive dan subtractive. Warna additive adalah warna yang berasal dari cahaya dan disebut spectrum. Sedangkan Warna subtractive adalah warna yang berasal dari bahan dan disebut pigmen. Warna pokok additive adalah merah (Red), hijau (Green), biru (Blue). Lengkapnya bisa anda liat di “Dasar-Dasar Seni Rupa & Desain” oleh Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto.