Sabtu, 11 Februari 2012

Pembuatan Film – Dari Awal Sampai Sukses


Pembuatan film sebenarnya tidak sulit jika kita sudah memahami apa yang akan kita buat termasuk menentukan tahapan tahapan yang akan dikerjakan. Dalam pembuatan film, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Selain dana,  scenario, sutradara, kamera, pemain dan  kru juga menjadi faktor penentu sukses tidaknya sebuah film.
Pembuatan film dibagi dalam beberapa tahapan, tahapa pertama disebut praproduksi. Dalam tahap ini pembuat film melakukan persiapan pembuatan film yang meliputi,  skenario, mencari pemain, sutradara,  kru produksi, pemain dan persiapan-persiapan lainnya, termasuk menentukan lokasi syuting.
Dalam produksi sebuah film, penulisan skenario merupakan faktor terpenting dalam sebuah produksi film karena menentukan arah sebuah film atau kerangka sebuah film. Namun yang terpenting, scenario menjadi pedoman semua orang yang terlibat dalam proses  produksi, utamanya, sutradara yang  akan menentukan kemana film ini akan dibawa. Dari scenario inilah sutradara akan menetukan adegan per adegan yang sesuai dengan tujuan film yang akan dibuat.
Selain sutradara, faktor terpenting lain adalah, juru kamera yang mengoperasikan kamera.  Kameraman, bertanggungjawab mengoperasikan kamera secara fisik dan memelihara komposisi seluruh adegan atau bidikan yang dimaksud. Dalam pembuatan film naratif, JurKam akan bekerja sama dengan sutradara, penata fotografi, aktor dan kru untuk membuat keputusan teknis dan kreatif.  Pembuatan film, juga ditentukan kepiawaian seorang Kameraman. Pengetahuan dan kemampuan memilih lensa foto yang cocok, dan peralatan lain (keseran, mesin derek, dll) untuk mengambil adegan yang baik. Apalagi, teknologi saat ini sudah semakin canggih.
Pembuatan film juga ditentukan pemilihan kru yang tepat. Pada pasca produksi, kru sangat menentukan tahapan demi tahapan sebuah produksi film. Mulai dari pemilihan pemain, lokasi, perizinan, mengatur biaya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan produksi. Kru yang dipekerjakan sebaiknya kru yang mengerti seluk beluk dunia film dan bisa bekerjasama dengan semua pihak, agar kondisi kerja bisa terjalin dengan baik.
Setelah prapoduksi selesai, kemudian ada tahapan pasca produksi. Pada tahapan ini terdapat beberapa aktivitas seperti pengeditan film, pemberian efek khusus, pengoreksian warna, pemberian suara dan musik latar, hingga penambahan animasi. Setelah pasca-produksi selesai maka film siap untuk didistribusikan sesuai medium yang diinginkan. Bisa berupa film seluloid, kaset atau cakram video dan lain sebagainya.
Pembuatan Film sebenarnya tidak sulit. Secara tidak kita sadari, sebenarnya film ibarat kahidupan sehari-hari yang penuh dengan romantika. Cuma bedanya, dalam kehidupan sehari-hari, apa yang dilakukan tidak terekam oleh kamera. Dan, apa yang dilakukan, secara sadar atau tidak, kita sudah melakukan sebuah adegan. Sedangkan dalam film,   adegan terekam oleh kamera dan ditampilkan secara menarik dan menjadi unsur terpenting

Tahapan Pembuatan Film Hollywood

Kelima fase produksi film:
1: Pembangunan, dari script untuk paket, memakan waktu hingga tiga tahun. Lima sampai tujuh tahun untuk sebuah produksi independen.
OK, mari kita bicara tentang neraka pembangunan, OK? Tiga kata: uang, uang, uang ... dan kemasan. Jangan lupa kemasan: mendapatkan sebuah skenario, melampirkan bintang, sutradara, produser, editor, distributor.
Apa jenis film Greenlight besar khas-studio akan exec? Formula film, target audiens utama mereka: laki-laki 12-ke-24 tahun. Hot paket transaksi, dengan bintang utama, dan / atau direktur Sebuah daftar-/ produser.

Dimana besar-studio eksekutif mendapatkan materi mereka:

* Adaptasi penjual terbaik,
* Kembali kerja film tua,
* Sekuel,
* Copy-cat film,
* TV spin-off,
* Buku komik,
* Asing kembali membuat.
Mengapa? Pemirsa pengakuan.
Apa? Tidak ada karya asli? Tidak biasanya.
Mengapa? Untuk meminimalkan resiko keuangan mereka!

2: Pra-produksi, yang merupakan bagian paling penting dari pembuatan sebuah film. Pra-produksi memakan waktu sampai empat bulan, dan melibatkan lokasi kepanduan, papan cerita, papan produksi, jadwal produksi, mendapatkan izin, pengaturan anggaran, direktur, produser, editor, desainer produksi, art director, desainer kostum dan skenario semua duduk bersama-sama dan memastikan bahwa mereka semua memiliki visi yang sama untuk film ini. Penulisan ulang dan menuliskannya kembali lagi. Film Pembelian saham. Memperoleh kru film bersama, menyewa katering. Persewaan tahap suara dan peralatan. Casting bagian. Latihan. Semuanya tetapi shooting film dan menyuntingnya.

3. Tahap Shooting, memakan waktu 10-12 minggu, jika Anda beruntung. Ini hanyalah salah satu tahap kreatif dalam membuat film.

4. Pasca Produksi dapat berlangsung hingga enam bulan. OK, apa yang terjadi di posting? Post adalah tempat banyak, banyak orang mencoba untuk memperbaiki lubang dalam naskah anda, dan mencoba untuk membuat film di luar jangkauan direktur (difilmkan rekaman). Pasca-produksi fase: Editing, suara, Foley, dubbing, efek khusus, latar belakang suasana, musik, praktikum, warna, judul, trailer, iklan ... dll , Bagian yang paling tertekan paling mahal dan paling kompleks pembuatan film.

Apa yang bisa salah dalam posting? Semuanya. Tidak cukup cakupan, terlalu cakupan banyak, tidak cukup cakupan digunakan, perbedaan artistik, masalah uang, penampilan buruk dari pelaku ... apa saja.


5. Distribusi. Anda harus menemukan distributor untuk film, atau tidak ada tapi Anda dan teman Anda dan keluarga akan pernah melihatnya, dan Anda akan bangkrut.

Pitching skenario Anda:

Dan sekarang, untuk saat kebenaran. Pitching! Kau harus pitch bayi ini ke Setelan Big! Kau harus ambil 'em oleh tenggorokan dan bercerita, katakan kepada mereka mengapa mereka harus memproduksi film ini, meyakinkan mereka untuk cinta itu, harapan mereka akan membayar perhatian, dan memberi Anda uang, tapi Anda harus bersedia mengubah segalanya, kembali -menulis! Belajarlah untuk mengatakan ini frase: "Apa jenis berakhir yang Anda inginkan, Pak atau Bu?"

Dan saat Anda berkeringat keluar sesi pitch, apa yang mereka pikirkan tentang? Biarkan aku mengejanya bagi Anda: b. u. d. g. e. t. ... anggaran film. Sebuah skenario perlu menyadari anggaran, jadwal produksi, dan papan produksi. Anda duduk di depan komputer kecil Anda dan tenang menulis: ". EXT VIETNAM-LAMA BUS-MALAM". Benar? "Bus menabrak lama di sepanjang jalan tanah, dan penuh dengan keluarga dan anak-anak dan babi dan ayam. Jets terbang jalan overhead dan pengeboman Ledakan di mana-mana.. Sopir bus berusaha menghindari kawah bom di jalan."

Anggaran:

Apakah Anda punya ide berapa biaya adegan yang kecil satu-menit? Gaji dan tunjangan untuk, direktur bintang Anda & produser. Kendaraan, pesawat terbang, aksi pria & wanita, pramuka lokasi, transportasi untuk bakat, cast & crew ke Vietnam atau bahkan Florida, asuransi babi, ekstra & pelatih ayam & wranglers, efek khusus, ahli bahan peledak, efek suara, steadicam, greensman, kostum, make up, rambut, script supervisor, stills fotografer, izin khusus, penerjemah, pengendalian massa, jasa kerajinan, izin parkir, izin menembak, listrik, laporan cuaca, apa lagi? Madu gerobak! Menit terakhir penulisan ulang dari naskah.

Dan kita bahkan belum mulai menembak yet! Kami masih memiliki pencahayaan diatur, kamera set up, latihan ... semua hal yang membosankan. Dan sedikit adegan Anda satu-menit, tembakan luar urutan, tentu saja, memakan waktu setidaknya tiga hari untuk menembak, biaya minimal satu juta dolar, dan yang tidak termasuk posting!


Membuat film:

Lihat semua orang-orang di luar sana? Semua peralatan itu? Setiap salah satu dari mereka biaya uang. Anda menulis skenario, bukan? Itu bisa Greenlight tersebut. Kami sedang membuat film di sini. OK? Tenang di set! Rolling!

Direktur, asisten direktur atau iklan, Cinematographer atau DP, fokus-penarik, gaffers, anak laki-laki terbaik, grip kunci, pengawas script, tubuh ganda, suara dan cahaya, masih fotografer, videografer ... aktor!

Produksi asisten atau Personal Assistant, eksekutif studio, wranglers, tambahan, lokasi manajer, Foley, prop master, efek khusus, koordinator aksi, penasihat teknologi, book-keeper/accountant, artis cerita api Marshall, desainer produksi, art director, papan, produser baris , editor ... katering ...

Berapa banyak orang yang kita bicarakan? 300 di bawah garis, mungkin 50 di atas garis. Anggaran untuk ini pic? Anywhere sampai seratus juta dolar, memberi atau mengambil satu juta atau lebih.

Sekarang, tujuan direktur di sini adalah dua hal: untuk mendapatkan yang terbaik, pertunjukan yang paling dipercaya dari aktor, dan untuk mendapatkan gambar visual terbaik di film. tujuan Produser, bagaimanapun, adalah untuk memecahkan masalah, memberikan semua direktur dia inginkan, dan menghabiskan waktu yang tersedia dan uang dengan benar. Dimana, 70% pergi ke biaya di atas garis-, dan hanya 30% pergi ke beban bawah-the-line.

Tapi apa yang eksekutif studio ingin melihat? Mereka ingin melihat uang mereka di bahwa layar, bayi! Sebuah film adalah produksi hiburan paling mahal yang pernah dibuat, selain tahun 2000 pemilu presiden AS!

Direksi berjuang untuk tertentu "harmonik", keseimbangan antara komponen cerita dalam naskahmu dan nilai produksi yang tepat. Mereka ingin cerita yang otentik: bahkan dipercaya. Dan menghibur!


Nilai Produksi:

OK, kita baru saja menghabiskan seratus juta dolar untuk membuat film! Apa yang kita lakukan sekarang? Kita menghabiskan lebih banyak uang! Kita sekarang akan menghabiskan dua atau tiga kali lipat biaya produksi film untuk mendistribusikan pengisap ini, folks! $ 10M untuk 3000 cetakan dan pengiriman film, $ 30M untuk TV, koran majalah, dan iklan radio, $ 15M untuk promo dan publisitas, $ 5M untuk kit tekan, trailer dan bintik-bintik, $ 15M untuk biaya operasi, ditambah 25% dari total yang dikeluarkan untuk pajak, hukum dan asuransi ... dan biaya ini tetap, tidak peduli apa anggaran produksi Anda.

"Tunggu Aku hanya menulis-rendah ke-pertengahan-budget film independen!" Anda katakan. Nah, dalam hal ini, Anda akan harus mengeluarkan uang distribusi bahkan lebih! Pada apa? Pada festival film. Cannes, Sundance, Venice, Toronto, AFM, American Film pasar di Santa Monica, Austin, Jual ke Hollywood, Moondance, dll

Film Festival:

Jadi apa yang terjadi pada festival film? Anda bergabung dengan kerumunan orang dan pabrik di sekitar, saling memberi udara lainnya-ciuman, berjabat tangan, menyesap sampanye, membaca Daily Variety, dan berbicara di-ponsel Anda. Ada bintang film terkenal, direktur, produser, dan distributor. Semua sedang difoto dan direkam, sedangkan mereka tersenyum dan schmooze dan memberikan wawancara kepada media.

Dan Anda mencoba untuk menjual film-film atau skenario untuk distributor, pembeli, produsen, investor, bintang film, direksi, Anda mempromosikan dan pitch barang-barang Anda kepada orang-orang seperti Big 5 studio, pembeli asing, Miramax, Fine Line, DreamWorks, Anda mencoba mencari agen yang lebih baik, Anda mencoba untuk mendapatkan agen, Anda bertemu dengan pembuat film asing, anda mendapatkan publisitas, Anda membuat kontak penting, Anda mendapatkan pembiayaan dengan pemain nyata, dan membuat kesepakatan di festival film ... itu saja. Dan itu akan dikenakan biaya lain juta, setidaknya!


Kontak:

Katakanlah, apakah anda kebetulan tahu siapa pun di L.A.? Maksud saya bahkan jauh terhubung ke biz film Hollywood? Seorang teman dari sekolah yang adalah tukang kebun untuk menyusut dari pelayan yang melayani makan siang ke asisten orang yang menyapu lantai di kantor pelatih pribadi untuk pacar salon's Richard Gere? Kontak semua.

Dan mendapatkan diri Anda agen yang baik, manajer, pengacara hiburan, dan akuntan, saat Anda berada di itu, dan itu tidak murah!


Harapan:

Tapi masih ada harapan. Kaisar Terakhir, Uzala Derzu, Pesta Babette, The Color Purple, The Virgin Spring, Midnight Cowboy, Putri Ryan, The Remains of the Day, East of Eden, The Piano, Shakespeare in Love ... benar-benar film indah yang diperoleh dibuat. Tapi mengapa semua orang lain film buruk yang disebut dibuat? Mengapa penonton di luar sana membayar uang untuk melihat mereka? Atau film apapun? Bagaimana dengan seni?

Kreativitas tidak bisa nyaman diukur dalam hal intelektual. Sifatnya, kreativitas eschews penahanan tersebut. Anda lihat, di Hollywood, di mana sudah menjadi tugas setiap orang untuk membangun de-karya kreatif, tindakan penciptaan, dan pekerjaan itu sendiri, sering bertemu dengan ejekan dan biasanya tidak dihargai. Direktur independen besar, John Cassavetes, pernah mengatakan kepada seorang sutradara muda, "Dalam rangka untuk menangkap bola, Anda harus benar-benar ingin menangkap bola!" Ini berarti berhenti mengeluh tentang kurva jelek Anda mendapatkan dilemparkan dan stretch; meraih apa yang Anda inginkan! (Dari Julia Cameron, "Way The Artis")


Zeitgeist:

Semangat kali. Hal yang terbaru. Rebel Tanpa Penyebab suatu, The Godfather, Caddyshack, Lion King, Rugrats, Casablanca, II Scream, Star Wars, Pulp Fiction, Antz, Forrest Gump! Kebanyakan penulis skenario dan pembuat film hanya mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari apa pun yang mereka pikir penonton akan membayar untuk melihat. Tak seorang pun tahu apa yang penonton ingin, bahkan penonton tidak punya petunjuk untuk apa film mereka sendiri akan seperti akhir pekan ini. Itu hampir mustahil untuk memprediksi apa yang akan mereka suka atau tidak suka. Tapi mereka tahu kapan mereka suka, dan kemudian film yang tumbuh "kaki" (kata-of-mulut)! Dan kemudian banyak orang menjadi kaya dan terkenal.


sumber : http://www.buatfilm.com/

Cara Membuat Film – Belajar Dari Yang Terbaik


Cara membuat film bisa dilakukan dengan beberapa alternatif. Jika memiliki dana yang pas-pasan, bisa dilakukan dengan cara berpatungan, terutama untuk para pembuat film pemula. Yang penting punya ide atau gagasan yang menarik dituangkan kedalam scenario. Namun yang terpenting, harus ditentukan dulu jenis film yang akan dibuat, jenis drama, animasi atau film ber-genre lain.
Cara membuat film harus  memperhatikan  scenario, dana, sutradara, pemain dan kru. Perlu diingat, scenario adalah embrio sebuah film. Maka, sebelum membuat film, harus ditentukan terlebih dahulu cerita yang akan diangkat, entah itu cerita tentang kehidupan sehari-hari atau menyadur dari sebuah karya novel. Bagaimana jika dana yang dimiliki minim? Bisakah membuat film? Tentu bisa.
Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh para pembuat film pemula, salah satunya adalah mencoba mencari peralatan yang semurah mungkin, namun harus tetap memperhatikan kwalitas. Ada baiknya jika ada beberapa teman yang memiliki alat yang bisa digunakan, atas nama pertemanan, hal itu bisa dilakukan.
Cara membuat film yang lain adalah menghindari pengeluaran yang tidak penting, seperti pengeluaran untuk kru, kemudian,  siasati lokasi syuting yang tidak begitu besar pengeluarannya, milsanya menggunakan jalan raya, atau tempat umum lain yang tidak memerlukan ijin dari pihak manapun.
Kemudian pilihlah pemain yang cukup dekat dengan pembuat film, dan tidak pelu menggunakan banyak pemain. Misalnya, memakai jasa seorang teman yang memiliki kemampuan thater atau acting yang cukup baik. Dan langkah terakhir adalah menggunakan alat editing yang murah meriah, namun memiliki kwalitas yang baik. Di beberapa tempat di Jakarta, satu shiff seharga 500 ribu rupiah.
Cara membuat film sebenarnya butuh biaya yang cukup besar, namun jika bisa disiasati dengan baik, maka anggapan itu bisa terbantahkan. Buktinya kini banyak orang yang berlomba-lomba membuat film dengan kreatifitas yang beragam. Dan, pembuatnya juga dari kalangan yang bermacam-macam, mulai dari pelajar, mahasiswa, professional muda atau orang-orang yang benar-benar hobi film.
Dengan fakta yang ada, bisa dibilang, cara membuat film tidaklah sulit, yang penting memiliki pengetahuan tentang film, alat, dana dan memiliki cerita  atau ide yang sangat baik dan menarik untuk disajikan. Namun yang terpenting adalah, tentukan dulu cerita apa yang akan diangkat kedalam sebuah film. Jika hal ini dilakukan, meski dengan dana yang minim, tentu bisa memproduksi sebuah film, karena film adalah gambaran kehidupan sehari-hari yang penuh dengan romantika. Bedanya, di film ada kamera dan ada adegan, maka adegan yang dibuat harus menarik dan bisa dinikmati oleh orang yang menontonnya

10 produksi film PIXAR terbaik


IntermezoNews - SEMULA, seperti dikatakan situs Rotten Tomatoes, karya animasi dibagi atas dua periode: SD dan D, sebelum Disney dan masa Disney.

PIXAR-large570

Semua itu kini berubah.
Dengan rilis Toy Story pada 1995, film animasi dibagi atas dua periode baru: SP dan P, sebelum Pixar atau masa Pixar. Meski film animasi yang rilis masih memakai logo Disney, nama perusahaan studio animasi yang membuatnya juga ikut dikenal.
Ya, itulah Pixar. Studio animasi yang awalnya didirikan George Lucas, pencipta Star Wars, tapi kemudian dibeli murah oleh mendiang Steve Jobs seharga AS$ 10 juta pada 1986. Walau Pixar belum menunjukkan tanda-tanda bakal mendatangkan untung, Jobs tetap mempertahankan Pixar.
Di pertengahan 1980-an, John Lassater, animator alumni Disney, bergabung dengan studio animasi di Marin County, California itu dan menghasilkan film animasi pendek yang memulai revolusi, Luxo Jr., tentang lampu meja kecil bermain-main bola dan ditegur orangtuanya, lampu meja lebih besar.
Revolusi selanjutnya adalah ketika Pixar membuat film animasi panjang pertama yang sepenuhnya berwujud animasi komputer berjudul Toy Story. Dua puluh tahun sejak dibeli Jobs, Pixar dijual pada Disney dengan harga berlipat-lipat.
Selama lebih dari 20 tahun terakhir pula, Pixar menyuguhkan kita film animasi komputer yang tak hanya secara teknis enak dipandang mata, tapi sebagai karya sinema juga patut dihargai selayaknya film-film yang dimainkan bintang-bintang berdaging.

Sejak Toy Story, totalnya Pixar sudah membuat 12 film panjang. Mulai Rabu (12/10) ini, Cars 2 rilis di bioskop tanah air. Maka, buat kami, ini saat yang tepat untuk mengocok dan menimbang-nimbang, apa saja film-film terbaik yang pernah dihasilkan Pixar.
Terus terang ini tidak mudah, mengingat penulis artikel ini penggemar berat Pixar. Saya misalnya harus mempertimbangkan, apakah revolusi inovasi pada Toy Story lebih bagus daripada kesempurnaan penggarapan dan tema yang diusung Wall-E?
Pertanyaan yang sulit dijawab sekaligus asyik untuk dicari tahu apa yang akhirnya diputuskan.
So, this is it. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya kami memutuskan 10 film Pixar terbaik versi kami.
10. Cars (2006)
Cars__03
Sebelum Cars 2 (2011), film pertamanya, Cars saja, dinobatkan sebagai film produksi Pixar yang mendapat rating lebih kecil dibanding film-film animasi Pixar lainnya. Angka rating Cars di Rotten Tomatoes adalah 74 persen--yang tetap saja dianggap “fresh” alias bagus ketimbang “rotten”, busuk. Cars berkisah tentang mobil-mobil yang bisa bicara dan punya kehidupan. Alkisah, “seorang” mobil balap modern muda warna merah kinclong bernama Lightning McQueen (suaranya diisi Owen Wilson) terdampar di kota kecil bersahaja di tepi gurun. Di sana, ia kemudian mendapat pembelajaran hidup yang menjadi bekalnya menjuarai kompetisi balap. Karya John Lasseter ini dianggap tidak-asli (Christy Lemire dari Associated Press menuduh film ini menjiplak Doc Hollywood) dan kepanjangan (kata J.R. Jones dari Chicago Reader: Bukan mengetes kecepatan, tapi kesabaran). Saya memilih Cars di nomor buncit karena filmnya sekadar menawarkan kegembiraan film animasi dan kurang “berisi” sebagai tontonan bgi penikmat film yang usianya lebih dewasa. Sebagai karya animasi keluaran Pixar dengan standar selangit, film ini tidak cukup “layak Pixar”.
9. A Bug’s Life (1998) 

bugs-life

Sambutan atas film animasi panjang kedua Pixar ini tak semeriah film pertama, Toy Story dulu. Kehadirannya juga dibayang-bayangi oleh film bertema mirip keluaran DreamWorks, Antz (yang menandai persaingan dua jagoan animasi itu hingga kini). Terinspirasi dongeng binatang karya Aesop, pendongeng masa Yunani kuno, A Bug’s Lifeberkisah tentang petualangan semut bernama Flik (diisi suara Dave Foley) yang berkelana meninggalkan koloninya untuk mengumpulkan para serangga lain yang bisa diajaknya mempertahankan koloninya dari kawanan jangkerik jahat. Di film ini, animasi Pixar sudah lebih bagus dibanding Toy Story. Membandingkan Antz dan A Bug’s Life, saya lebih terhibur dan menyukai gambar-gambar di A Bug’s Life. Kisahnya terasa lebih epik buat saya.
8. Monsters, Inc. (2001) 

monsters-inc

Film ini mengandaikan ada sebuah dunia lain di luar dunia kita di mana teriakan anak-anak ketakutan bisa menjadi sumber energi dan menjadi tugas para monster untuk datang ke kamar anak-anak membuat mereka ketakutan. Tokoh utama karakter di film ini, Mike, diisi suaranya oleh Billy Crystal. Mike yang selalu ingin jadi pusat perhatian kalah pamor dari sahabatnya, Sulley (John Goodman), monster besar berbulu yang populer. Persahabatan di antara keduaya diuji saat seorang anak kecil tersesat masuk ke dunia para monster. Kontan terjadi kekacauan. Mike ingin anak itu segera pergi (karena anak-anak dianggap membawa racun), tapi Sulley malah menyayangi anak itu. Film ini terasa lebih bisa dinikmati bagi penonton dewasa yang menyukai cerita komedi keluarga. Lalu jangan lupa pula pada sub-teks tentang krisis energi yang diusung film ini. Kaum monster berhasil memecahkan masalah energi mereka dengan cara-cara yang lebih beradab, bukan dengan menakuti anak-anak, tapi membuat mereka tertawa bahagia.
7. Ratatouille (2007) 

ratatouille_002
Setelah Cars dianggap sebagian kritikus film sebagai tanda-tanda tangan dingin Pixar mulai lesu, Ratatouille awalnya semakin jelas memperlihatkan kalau sentuhan sihir Pixar sudah berakhir. Film ini terseok-seok tiba di layar perak karena perselisihan kreatif hingga sutradara yang semula ditunjuk membuatnya, Jan Pinkava diganti posisinya oleh Brad Bird. Nyatanya, semua berakhir baik. Segala perselisihan itu terbayar dengan pencapaian yang diraih film ini. Filmnya laris meraup AS$ 621dari seluruh dunia serta angkat jempol dari kritikus film. Kisah tentang tikus jago masak ini seenak rasa makanan Perancis yang dijual di restoran mahal. Ibarat makanan, film ini rasanya yummy. Film ini dengan jenius, mampu meyakinkan penontonnya siapapun bisa memasak, termasuk seekor tikus. Filmnya disuka penonton anak-anak dengan gambar-gambar indah khas fabel, sedang penonton dewasa bakal terbuai oleh konflik perebutan restoran dan menundukkan ego kritikus restoran.
6. Toy Story 3 (2010) 

toy-story-3-1

Dikatakan Rotten Tomatoes, saat sebuah film mencapai film ketiga, umumnya franchise itu bakal bernasib tak lagi relevan dengan zaman (seperti The Godfather Part III), tidak lagi masuk akal (Die Hard with a Vengeance), atau sudah tak lagi menarik (Superman III). Pixar membuat pengecualian kalau film ketiga masih seasyik film pertama dan kedua. Bahkan, Toy Story 3 dianggap lebih asyik karena mampu membuat penonton dewasa menangis. Kali ini, satu dekade setelah Toy Story pertama rilis, penonton diajak melihat Andy yang sudah besar dan merasa tak lagi pas main boneka. Woody (suaranya diisi Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen) dkk kemudian menemukan rumah baru mereka di tempat penitipan anak. Di tempat ini, mereka mendapati lingkungan yang tak seindah kelihatannya. Lotso, sesosok boneka beruang yang punya masa lalu traumatis, memimpin dengan lalim para boneka di tempat itu. Woody dan Buzz kemudian bersiasat kabur. Di tengah aksi petualangan yang seru dan kocak, Toy Story 3 unggul karena memperlihatkan bagaimana nasib boneka jika pemiliknya sudah beranjak dewasa. “Kita sudah tahu hari itu akan tiba,” kata Woody. Bagi penonton dewasa yang akhirnya berpisah dengan mainan mereka begitu beranjak dewasa, film ini mendatangkan rasa nostalgia. Momen saat Andy bermain bonekanya kembali di akhir film sangat menyentuh.
5. Toy Story (1995)

toy-story-movie-buzz-woody
Inilah film yang memulai revolusi itu. Para pendiri Pixar mengandaikan ketika orang-orang tak ada, para boneka hidup, bisa bicara, dan berinteraksi selayaknya manusia. Ide yang brilian. Apalagi di dalam kamar Andy, boneka koboi Woody (suaranya diisi Tom Hanks) adalah boneka kesayangan. Ketika Andy punya boneka baru, astronot ruang angkasa Buzz Lightyear (Tim Allen), Woody cemburu karena ia jadi kurang diperhatikan (baca: tidak diajak main lagi). Menurut situs majalah Time, saat mengulas 25 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, menganalogikan film animasi tradisional gambar-tangan persis Woody, sedang Buzz yang lebih modern dengan animasi komputer. Timemenulis: gaya animasi tradisional Disney terasa seperti boneka Woody yang sudah tua, sedang Pixar menjadi Buzz Lightyear bagi animasi abad ke-21.
4. The Incredibles (2004)
The_incredibles_thumb


Kami sudah menyebut The Incredibles sebagai salah satu film superhero terbaik. Film ini meminjam plot kisah superhero nyeleneh. Jika komik Watchmen adalah cerita superhero bagi pembaca serius yang mensejajarkan komik sebagai karya sastra, The Incredibles mengangkat genre superhero ke tahapan lebih tinggi lagi: cerita superhero juga bisa jadi sebuah komedi keluarga yang berhasil. Apa jadinya bila keluarga superhero dipaksa hidup normal? Apa hidup mereka bisa normal? Dan di atas semua itu, apa manusia sudah tak butuh lagi orang-orang berkuatan super menjaga ketentraman hidup mereka dari para penjahat megalomaniak? Semua itu dijawab di sini.
3. Up (2009)

up-movie-image-pixar

Siapa yang kuat untuk menahan air mata menonton bagian awal Up? Di tahun 1930-an, Carl bermimpi jadi petualang yang ketemu teman perempuan Ellie yang juga punya impian sama dengannya. Mereka jatuh cinta dan akhirnya menikah. Rangkaian gambar kemudian merekam kehidupan Carl dan Ellie selama setengah abad perkawinan mereka hingga maut memisahkan. Itulah kisah cinta paling menggetarkan yang disampaikan hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Begitu memikatnya bagian awal Up, orang malah sering lupa kalau filmnya sendiri berisi petualangan seru: ada bocah pramuka pemberani, anjing-anjing bisa bicara, dan impian masa kecil akan seorang tokoh panutan ternyata aslinya tak seindah kelihatannya.

2. Finding Nemo (2003)

finding-nemo-53764_1280_10
Marlin si ikan badut (suaranya diisi Albert Brooks) adalah sosok calon ayah yang gugup. Saat tahu ia akan jadi ayah bagi 400 telur ikan, Marlin gugup apa anak-anaknya bakal menyukainya. Tapi bencana datang, istri Marlin dan 399 calon bayinya dimakan ikan lain. Maka, Marlin menjaga dengan sangat hati-hati satu-satunya anaknya yang tersisa, Nemo. Syahdan, Nemo hilang di samudera nan luas. Marlin kemudian bertekad mencari putranya yang hilang. Dalam pencarian, ia dibantu Dory (Ellen DeGeneres), ikan yang mengalami short-term-memory lost alias gangguan ingatan sesaat. Kisah Marlin mencari Nemo adalah wujud perjuangan seorang ayah yang rela melakukan apa saja demi mencari putra tercinta, bahkan dengan mengarungi samudera luas sekalipun. Lewat Finding Nemo, Pixar meraih jackpot menyajikan tontonan animasi yang tidak saja secara teknis sempurna (lihat bagian seru saat Marlin berlompatan menghindari ubur-ubur), tapi juga berkualitas sekelas dengan film-film besar yang pernah dibuat manusia di bumi.
1. Wall-E (2008)
walle3
Wall-E, buat saya, adalah pencapaian paripurna dari Pixar. Lewat film ini, Pixar sekali lagi bertaruh dan memenangkannya. Pertaruhan pertama dalah menyajikan setengah jam tontonan nyaris tanpa dialog. Film dikembalikan pada hakikatnya sebagai gambar bergerak (moving pictures). Nyatanya, kita langsung terpikat. Kemudian kita melihat kisah cinta yang rasa-rasanya dipinjam dari cerita besar Adam dan Hawa, saat robot kesepian yang ditinggal di bumi mebersihkan bumi yang kena polusi akut hingga tak layak lagi ditinggali, bertemu dengan robot lawan jenis (bukan tanpa alasan nama robot cewek di sini dinamai Eve). Selain analogi kisah cinta manusia pertama di bumi, Wall-Ejuga pesan segala kerusakan lingkungan di bumi harus dibenahi, bukan meninggalkannya dan hidup enak di pesawat luar angkasa yang bikin gemuk karena segala fasilitas tersedia. Dengan pencapaian sinematis dan pesan filosofis yang tiada tara, Wall-E layak ditonton hingga kapan pun. Seperti tokoh Wall-E di film, saya membayangkan, andai 700 tahun dari sekarang kita tak lagi tinggal di bumi dan ada robot yang tertinggal, robot itu akan menonton film ini.

CATATAN TAMBAHAN:Sebetulnya hanya kurang satu film Pixar yang tak masuk daftar ini selain Cars 2 yang memang baru tayang di sini, yakni Toy Story 2 (1999). Saya menyukai Toy Story 2. Dengan kocak, misalnya, film ini meminjam referensi adegan di film Star Wars: The Empire Strikes Back. Kisahnya juga seru, tentang apa peran boneka sebetulnya: menjadi pajangan di museum, dihargai selayaknya karya seni sebagai monument budaya, atau menjadi mainan yang membahagiakan anak-anak. Film ini memihak pada opsi kedua. Sukses Toy Story sebagai karya sinema yang tak kalah dari pendahulunya membuktikan kalau anggapan sekuel tak mungkin sebaik film pendahulunya buat Pixar tak berlaku.
APA MOMEN TERBAIK PIXAR?
Saya bisa bilang bagian awal dari Up. Berkali-kali ditonton, adegan awal sepanjang 4,5 menit ini membuat saya menitikkan air mata. Coba tonton filmnya atau buktikan sendiri dengan menonton videonya di bawah.
Sambil mengenang film-film Pixar yang sudah Anda tonton, silakan lihat lagi video di bawah yang merangkum film-film Pixar dalam 3 menit lebih.


Sumber : 
http://www.terbaca.com/

Buat film – Tahapan Dalam Membuat Film Sukses


Buat film dibagi dalam beberapa tahapan ada tahap praproduksi dan tahap pasca produksi. Tahap pertama disebut praproduksi. Dalam tahap ini pembuat film melakukan persiapan pembuatan film yang meliputi,  skenario, mencari pemain, sutradara,  kru produksi, pemain dan persiapan-persiapan lainnya, termasuk menentukan lokasi syuting.
Dalam produksi sebuah film, penulisan skenario merupakan faktor terpenting dalam sebuah produksi film karena menentukan arah sebuah film atau kerangka sebuah film. Namun yang terpenting, scenario menjadi pedoman semua orang yang terlibat dalam proses  produksi, utamanya, sutradara yang  akan menentukan kemana film ini akan dibawa.
Dari scenario inilah sutradara akan menetukan adegan per adegan yang sesuai dengan tujuan film yang akan dibuat. “Skenario adalah embrio dari sebuah film” .
Buat film, juru kamera menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah produksi film. Dari kepiawaian cameraman pulalah penikmat film bisa melihat gambar-gambar indah yang dihasilkan, tentunya sesuai dengan scenario yang dibuat. Kameraman, bertanggungjawab mengoperasikan kamera secara fisik dan memelihara komposisi seluruh adegan atau bidikan yang dimaksud. Dalam pembuatan film naratif, kameraman akan bekerja sama dengan sutradarapenata fotografiaktor dan kru untuk membuat keputusan teknis dan kreatif.  Pembuatan film, juga ditentukan kepiawaian seorang Kameraman. Pengetahuan dan kemampuan memilih lensa foto yang cocok, dan peralatan lain (keseranmesin derek, dll) untuk mengambil adegan yang baik. Apalagi, teknologi saat ini sudah semakin canggih.
Buat film juga ditentukan pemilihan kru yang tepat. Pada pasca produksi, kru sangat menentukan tahapan demi tahapan sebuah produksi film. Mulai dari pemilihan pemain, lokasi, perizinan, mengatur biaya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan produksi. Kru yang dipekerjakan sebaiknya kru yang mengerti seluk beluk dunia film dan bisa bekerjasama dengan semua pihak, agar kondisi kerja bisa terjalin dengan baik.
Setelah prapoduksi selesai, kemudian ada tahapan pasca produksi. Pada tahapan ini terdapat beberapa aktivitas seperti pengeditan film, pemberian efek khusus, pengoreksian warna, pemberian suara dan musik latar, hingga penambahan animasi. Setelah pasca-produksi selesai maka film siap untuk didistribusikan sesuai medium yang diinginkan. Bisa berupa film seluloid, kaset atau cakramvideo dan lain sebagainya.
Buat film sebenarnya tidak sulit. Secara tidak kita sadari, sebenarnya film ibarat kahidupan sehari-hari yang penuh dengan romantika. Cuma bedanya, dalam kehidupan sehari-hari, apa yang dilakukan tidak terekam oleh kamera. Dan, apa yang dilakukan, secara sadar atau tidak, kita sudah melakukan sebuah adegan. Sedangkan dalam film,   adegan terekam oleh kamera dan ditampilkan secara menarik dan menjadi unsur terpenting. “Buat film sebenarnya tidak sulit jika kita sudah memahami apa yang akan kita buat”